Pemerintahan dan Politik

Samuel Lantik 6 Kades PAW di Wilayah Kabupaten Landak

Channeltujuh.com, NGABANG – Penjabat (Pj) Bupati Landak Samuel, melantik sebanyak enam kepala desa (kades) Pergantian Antar Waktu (PAW) di wilayah Kabupaten Landak tahun 2023 yaitu Kades Sabaka dan Kades Parigi, Kecamatan Mempawah Hulu, Kades Sepahat dan Kades Tempoak, Kecamatan Menjalin, Kades Sebatih, Kecamatan Sengah Temila dan Kades Tolok, Kecamatan Menyuke, pelantikan digelar di Aula Besar Kantor Bupati Landak, Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan tersebut Samuel menjelaskan pelantikan kades PAW merupakan tahapan akhir dari rangkaian proses pemilihan kades yang dilaksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melalui musyawarah mufakat.

“Pelantikan ini juga memberikan kepastian hukum atas hasil pilihan keterwakilan masyarakat beberapa waktu yang lalu yang berlangsung dengan aman dan terkendali. Bupati bertindak untuk mengesahkan apa yang menjadi pilihan masyarakat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Samuel, di Ngabang, Jum’at (8/12/23).

Samuel mengatakan bahwa kades harus mengedepankan azas-azas kepatutan dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan serta sudah tentu harus mempedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Mengingat masyarakat juga memiliki hak-hak yang diatur dan dilindungi oleh undang-undang, sehingga sudah sepatutnya untuk mengedepankan musyawarah mufakat dalam memutuskan dan menetapkan kebijakan-kebijakan desa yang bersifat strategis supaya seluruh elemen masyarakat desa bisa berpikir sehat dan cerdas dalam menyikapi persoalan dan kesalahpahaman, baik sengaja ataupun tidak sengaja,” ucap Samuel.

Tentunya dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai kades, sambung Samuel, tidak sedikit mengalami kesulitan dan kendala, baik kendala yang berasal dari internal pemerintahan maupun kendala yang berasal dari eksternal pemerintahan desa.

“Untuk itu, saya tekankan kades dalam menjalankan tugas-tugas negara tidaklah sendiri. Oleh karena itu saya berpesan kepada kades yang baru dilantik agar membina hubungan baik dengan masyarakat, BPD, dan pemerintah kecamatan, serta dengan pemerintah diatasnya,” harap Samuel.

Tidak lupa Samuel menyampaikan kepada kades untuk selalu melakukan koordinasi dan konsultasi dengan camat dalam setiap kegiatan kemasyarakatan di tingkat desa.

“Dengan demikian dapat lebih proaktif dalam berkoordinasi dengan pemerintah di atasnya dengan cara koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah diatasnya dengan cara koordinasi dan konsultasi terhadap berbagai hal, terlebih hal-hal yang menyangkut penyelenggaraan pemerintahan desa dan pengelolaan keuangan desa,” tutup Samuel.*/

Laporan : Sumber Dinas Komunikasi dan Informatika Landak
Editor : Deckie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button