News

Sambangi DPC PDI P Bengkayang, Cornelis Serahkan Atribut Partai

Channeltujuh.com, BENGKAYANG – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Cornelis sambangi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan menyampaikan tahapan-tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 serta menyerahkan atribut partai di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.

Pada kesempatan tersebut Cornelis menyampikan beberapa hal penting kepada seluruh pengurus DPC PDIP Kabupaten Bengkayang, karena dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi akan dilaksanakan pemilu, yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan legislatif di semua tingkatan itu akan dilaksanakan 14 Februari 2024.

“Tahapan-tahapan pemilu ini semua kader partai harus tau. Tahapan pemilu yang pertama akan di lakukan pencalonan presiden dan wakil presiden yang akan dilaksanakan 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023, setelah itu akan pencalonan DPR RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi, kabupaten, kota dari tanggal 24 April 2023 sampai dengan 25 November 2023. Lalu pencalonan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 6 Desember 2022 sampai 25 November 2023,” ujar Cornelis, di Bengkayang, Kamis, (19/10/23).

Lebih lanjut Cornelis menyampaikan kampanye pemilu tidak lama, di mulai 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024, dan masa tenang 11 Februari 2024 hingga 13 Februari 2024. Pemunggutan suaranya pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan legislatif itu 14 Februari 2024. Perhitungan suara dari 14 Februari 2024 hingga 15 Februari 2024, dan rekapnya dari 15 February 2024 sampai 20 Maret 2024.

“Pemilihan kepala daerah setelah pemilihan presiden dan wakil presiden serta legislatif dulu telah di tetapkan 27 November 2024, tetapi ada perubahan peraturan pemerintah pengganti undang-undang yang akan dilaksanakan pada September 2024,” tukas Cornelis.

Tidak lupa Cornelis mengingatkan kembali untuk mengecek daftar pemilih, apakah masih ada masyarakat yang belum terdaftar, terutama pemilih pemula, jika masih ada yang belum terdaftar dibantu untuk mendaftarkannya agar dapat memberikan hak suaranya.

“PDIP memiliki calon presiden yaitu Ganjar Pranowo, berpasangan dengan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden dan dirinya sendiri masih dicalonkan partai untuk calon lagi di DPR RI. Oleh karena itu pemilih pemula jangan sampai tidak terdaftar, karena jika tidak terdaftar percuma untuk mendukung para calon, karena tidak bisa memberikan hak suaranya. Masyarakatlah yang menentukan nasib bangsa ini kedepanya seperti apa, makan diadakan pemilu itulah, karena negara kita sebuah negara demokrasi, oleh karena itu mulai dari presiden sampai kepala desa itu adalah pemerintah,” tutup Cornelis.*/

Laporan : Deckie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button