News

Jokowi Gelar Ratas Terkait Hilirisasi Produk Pangan

Channeltujuh.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, di Istana Merdeka, Jakarta. Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya mengatakan bahwa rapat tersebut membahas sejumlah hal terkait pangan, mulai dari El Nino hingga hilirisasi pangan.

“Yang dibicarakan adalah terkait El Nino, kemudian yang berikutnya lagi mempersiapkan peningkatan produksi khususnya produksi pertanian pangan, dan yang berikutnya lagi adalah untuk hilirisasi dari pangan tersebut,” ujar Arief kepada awak media usai mengikuti ratas di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/7/23).
Terkait pangan, Arief mengatakan bahwa pemerintah telah mengatur pembagian tugas terkait sejumlah bidang pangan. Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) ditugaskan untuk mengatur beras, jagung, dan kedelai. Sedangkan produk lainnya yang terdapat dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional akan diatur oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pangan, yaitu ID Food.
Selain itu ratas tersebut juga membahas terkait skema pendanaan murah yang sedang disiapkan oleh Kementerian Keuangan. Arief menyebut bahwa skema pendanaan tersebut nantinya akan diberikan dalam bentuk pinjaman.
“Ada penjaminan dari Menteri Keuangan kemudian akan diberikan kepada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Himbara memberikan kepada BUMN di bidang pangan, yang pertama adalah Bulog, yang satunya adalah ID Food,” terang Arief.
Sementara itu, berdasarkan data yang diterima, tercatat bahwa inflasi berada di posisi yang stabil yaitu 3,5 persen. Presiden minta jajarannya untuk mempertahankan atau menurunkan angka inflasi tersebut. “Sehingga tetap inflasi itu di bawah dari pertumbuhan ekonomi,” tutur Arief.*/
Laporan : Sumber Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Editor : Devi Lahendra 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button