Hukum dan TNI/PolriNews

Kasdam Buka Pendidikan Integrasi Siswa Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri

Channeltujuh.com, PONTIANAK — Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari, didampingi Widyaswara Madya Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Republik Indonesia (Lemdiklatpol) Bridjen Pol Slamet Hariyadi, membuka pendidikan integrasi siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri tahun 2021 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat.

Pendidikan Integrasi Siswa Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri diwilayah Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura tahun ini dilaksanakan di dua lembaga pendidikan yakni Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XII/Tanjungpura, Singkawang dan SPN Polda Kalimantan Barat, Pontianak.

Untuk di Rindam XII/Tpr pendidikan dibuka oleh Komandan Sekolah Calon Bintara (Dansecaba) Rindam XII/Tanjungpura, Letkol Inf Bayu Yudha didampingi Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Singkawang, AKBP. Prasetiyo Adhi Wibowo, Pendidikan diikuti sebanyak 136 siswa Dikmaba TNI AD dan 100 siswa Diktukba Polri. Sedangkan untuk di SPN Polda Kalimantan Barat pendidikan diikuti 100 siswa Dikmaba dan 100 siswa Diktukba Polri.

Kasdam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djauhari membacakan amanat Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad) mengatakan kegiatan diklat integrasi dalam bentuk kolaborasi merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan rasa kebersamaan antara TNI AD dan Polri. Melalui kegiatan ini, akan membentuk dan mengembangkan kualitas kerjasama dan ikatan batin antara TNI AD dan Polri.

“Tentunya kerjasama ini disambut baik oleh pimpinan TNI AD, karena kegiatan tersebut dalam bentuk kegiatan kolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri dilapangan. Dengan sinergitas TNI-Polri yang semakin baik secara tidak langsung akan berdampak pada situasi keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Djauhari, di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (13/12/21).

Djauhari menyampaikan kegiatan Diklat Integrasi TNI AD-Polri akan dilaksanakan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan mulai dari Tamtama, Bintara sampai dengan Perwira yang pada akhirnya akan meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Orang nomor dua di Kodam XII/Tanjungpura ini menyerahkan para siswa kepada masing-masing lembaga pendidikan untuk dididik, dilatih dan dibimbing sesuai dengan tujuan dan sasaran pendidikan yang ingin dicapai. Selanjutnya berpesan agar para pendidik bekerja dengan hati sehingga setiap tugas dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan selalu melaksanakan tugas secara profesional.

“Kepada para siswa Dikmaba TNI AD dan siswa Diktukba Polri, saya ucapkan selamat belajar dan berlatih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, petunjuk dan lindungannya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara,” ucapnya.*/

Laporan : Sumber Penerangan Daerah Militer XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button