BusinessPendidikan

Perubahan Cara Belanja Masyarakat Di Masa Pandemi COVID-19 Dengan Memanfaatkan Platform Shoppe Live

Channeltujuh.com – Pandemi COVID-19 mempengaruhi perekonomian secara luar biasa. Tahun lalu seluruh dunia menghadapi penurunan ekonomi dan menyebabkan kontraksi yang sangat dalam karena hampir semua negara melakukan pembatasan mobilitas secara ketat. Bahkan banyak negara yang menerapkan lockdown yang memberikan konsekuensi pada perekonomian yang langsung merosot sangat tajam. Indonesia juga ikut terdampak akibat pandemi yang melanda seluruh dunia. Beragam kebijakan telah ditetapkan oleh pemerintah guna menahan dampak COVID-19 sepanjang tahun 2020 sampai dengan tahun 2021.

Para pelaku dunia usaha harus berfikir keras untuk bertahan selama masa pandemi berlangsung. Masyarakat harus beradaptasi dan berdampingan dengan kondisi pandemi (New Normal) yang belum diketahui kapan akan berakhir.

Selama masa pandemi berlangsung teknologi memegang peranan yang sangat penting untuk menopang keadaan saat ini dimana biasa disebut new normal. Teknologi juga membuat para pengusaha menjadi lebih kreatif.

Pasar sangat identik dengan istilah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, dengan keadaan pandemi saat ini, dan juga adanya kebijakan yang membatasi terjadinya kontak sosial membuat masyarakat susah untuk beraktifitas sehingga membuat para pengusaha harus berfikir keras bagaimana cara memanfaatkan teknologi untuk mendukung aktifitas usahanya.

Di tengah situasi pandemi COVID-19, penjual berupaya mengembangkan usaha dalam kanal online dan di saat yang sama, masyarakat memilih belanja online sebagai destinasi utama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi dengan kebijakan social distancing.

Shoppe live merupakan salah satu terobosan yang sangat baik, dimana dengan menggunakan platform shoppe dapat mempertemukan customer dengan penjual tanpa harus bertatap muka secara langsung. Shopee Live adalah strategi “shoppertainment” baru Shopee untuk memberikan sentuhan yang lebih pribadi tentang bagaimana penjual dapat terhubung dengan pembeli. Banyak yang percaya bahwa live streaming adalah masa depan untuk industri e-Commerce setelah munculnya Facebook Live, Insta Live, dan Bigo Live. Hal ini diperkuat dengan fitur terbaru yang dirilis oleh Shopee dan Lazada untuk mempromosikan live streaming. Fitur streaming langsung di Shopee ini memungkinkan penjual untuk terlibat dengan pelanggan mereka kapan saja dan di mana saja. Shopee Live menjadi alat vital bagi penjual dalam menjajakan produknya dan memastikan kualitas barang terjamin, secara langsung Fitur tersebut membuat penjual seolah-olah menjajakan barang langsung kepada konsumen seperti di pasar atau di mall.

Apalagi platform shoppe terkenal dengan memberikan banyak bonus bagi customer seperti gratis ongkos kirim, pemberian voucher, melibatkan banyak artis yang terkenal dalam melakukan shoppe live dan banyak lagi program marketing yang semakin membuat customer menjadi semakin tertarik untuk berbelanja secara online.*/

Oleh : Fasharela Farid Mahasiswa magister manajemen feb untan
Editor : Deckie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button