Hukum dan TNI/PolriNews

Permudah Aliran Listrik, Babinsa dan Warga Bersihkan Pohon

Channeltujuh.com, MAMPUAK II — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1013-04/Teweh Timur, Sersan Satu (Sertu) Hadi melakukan kegiatan pendekatan melalui komunikasi sosial (komsos) kepada warga binaannya yaitu dengan bergotong royong melakukan pembersihan pohon yang berada di pinggir jalan yang nantinya akan digunakan untuk pembebasan jalur penerangan Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Desa Mampuak II, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

Hadi mengatakan sejumlah pohon tersebut sengaja ditumbangkan dan dibersihkan agar tidak mengenai kabel dan tiang listrik yang nantinya dikhawatirkan dapat mengganggu instalasi listrik yang akan dipasang oleh petugas PLN.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk selalu peduli dengan kondisi lingkungan, bahwa kondisi lingkungan yang kotor akan menimbulkan berbagai permasalahan bagi lingkungan sekitar, termasuk jalan yang kita bersihkan bersama saat ini, kondisinya menjadi sempit karena tertutup semak di kanan kirinya,” terang Hadi, di Desa Mampuak II, Kamis (27/4/23).

Ditempat terpisah Pelaksanaan harian (Plh) Komandan Rayon Militer (Danramil) 1013-04/Teweh Timur, Pembantu Letnan Satu (Peltu) Mathori Firdaus mengatakan ini wujud dari pengabdian seorang Babinsa kepada desa binaannya yang merupakan pengaplikasian delapan wajib Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada poin ke delapan. Sesuai dengan isi Wajib TNI yakni mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya serta terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Kehadiran kita diharapkan dapat menumbuhkan kembali semangat gotong royong warga yang selama ini hampir pudar ditengah majunya zaman, namun budaya ini tidak boleh hilang dan harus terus kita lestarikan,” pungkas M Firdaus.*/

Laporan : Sumber Penerangan Distrik Militer 1013/Muara Teweh
Editor : Devi Lahendra

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button