NewsPemerintahan dan Politik

Belanja Pengadaan Barang Dan Jasa Dengan e-Katalog “Bela Landak”, Karolin : Kita Membantu UMKM Lokal

Channeltujuh.com, NGABANG – Dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak mengembangkan katalog elektronik lokal dan toko online (daring) atau Bela Pengadaan Kabupaten Landak (Bela Landak) melalui toko daring Mbiz Market yang sudah diresmikan oleh Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa pada 20 Mei 2022 lalu.

Saat dikonfirmasi Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa Katalog Elektronik Lokal dan Toko Daring atau Bela Pengadaan Kabupaten Landak (Bela Landak) merupakan wujud dari dukungan Pemkab Landak untuk mensukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia terutama kepada Usaha Mikro dan Kecik (UMKM) lokal.

“Katalog elektronik Bela Landak ini kita buat untuk meningkatkan jumlah transaksi belanja pengadaan barang dan jasa kepada UMKM lokal yang tergabung dengan Penyelenggaraan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) atau marketplace dalam toko daring yang dikelola oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP),” jelas Karolin di Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (16/6/22).

Karolin menjelaskan bahwa dengan adanya Bela Landak diharapkan menjadi salah satu bentuk pemberdayaan UMKM lokal di Kabupaten Landak, dengan mengikuti perkembangan zaman serta transparansi dan akuntabilitas.

“Sesuai dengan arahan pemerintah pusat agar pengadaan barang dan jasa diperbanyak menggunakan produk lokal. Oleh karena itu, saya mendorong agar pelaku UMKM di Kabupaten Landak juga mendaftarkan usahanya di Mbiz Market sehingga Pemkab Landak bisa belanja secara online, dan ini merupakan bentuk dukungan Pemkab Landak terhadap UMKM di Kabupaten Landak,” jelas Karolin.

Dalam melaksanakan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada pengadaan barang dan jasa di Pemkab Landak, Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), Pengguna Anggaran (PA) atau Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), bagian pengadaan barang dan jasa melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala setiap triwulan.*/

Laporan : Deckie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button