NewsPemerintahan dan Politik

Bupati Landak dan Danlantamal Pontianak Gelar Vaksinasi Selusur Jalur Sungai

Channeltujuh.com, SEBANGKI – Bupati Landak Karolin Margret Natasa bersama Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut TNI AL (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman melakukan pelaksanaan vaksinasi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Desa Sungai Segak dan Desa Rantau Panjang, Kecamtan Sebangki, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Program vaksinasi pada dua desa tersebut adalah kegiatan Vaksinasi Maritim TNI AL yang merupakan kerjasama antara Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak dengan tujuan agar wilayah-wilayah yang tidak bisa dijangkau dengan transportasi darat bisa dilakukan dengan jalur transportasi lain agar masyarakat mendapatkan vaksinasi Covid-19 dari pemerintah.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa kegiatan bersama dengan Lantamal XII Pontianak tersebut merupakan program yang membantu Pemkab Landak dalam capaian target vaksinasi, karena dapat meyusuri wilayah pedalaman yang sulit dijangkau dengan transportasi darat.

“Kami bersama Lantamal XII Pontianak yang dipimpin langsung oleh Danlantamal XII menyisir masyarakat yang ada dipedalaman, agar dapat memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Hal ini dilakukan sesuai dari aturan pemeriantah harus mencapai target paling tidak 70 persen vaksinasi pertama dan selanjutnya akan ada booster atau vaksinasi ketiga jika kita telah mencapai target tersebut. Desa Rantau Panjang dan Desa Sungai Segak ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kubu Raya, desa ini merupakan desa yang sangat sulit dijangkau melalui jalan darat. Dengan menyusuri sungai ini, kita akan mengajak masyarakat agar dapat di vaksin sehingga target dapat tercapai,” terang Karolin, saat menyusuri sungai dengan menggunakan transportasi air, menuju Desa Rantau Panjang dan Desa Sungai Segak, Rabu (12/1/22).

Karolin menjelaskan pemerintah melakukan program vaksinasi Covid-19 ini untuk melindungi masyarakat dari penyebaran dan penularan Covid-19 di Indonesia serta dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini juga membuka aktivitas masyarakat seperti biasa dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Ini dalam rangka usaha pemerintah untuk mengurangi Covid-19 di Indonesia termasuk di Kabupaten Landak, karena dampak Covid-19 ini banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan anak-anak tidak bisa bersekolah dan Covid-19 berdampak pada situasi ekonomi. Oleh karena itu saya harapkan masyarakat untuk tetap mendukung pemerintah agar kita bisa kerja, bisa kembali bersekolah seperti biasa,” jelas Karolin.

Dalam vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Desa Sungai Segak dan Desa Rantau Panjang sudah tervaksin sebanyak 276 orang. Selain itu, dalam kunjungan tersebut juga diresmikan Pelabuhan Rakyat Putri Dara Hitam di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak dan menyerahkan bantuan Listrik tenaga surya dari Danlantamal XII Pontianak kepada warga.*/

Laporan : Deckie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button