NewsPemerintahan dan Politik

Bagi Hasil Plasma di Jelimpo, Ini Harapan Karolin

Channeltujuh.com, PAWIS HILIR – Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan serah terima hasil perdana kebun kemitraan dari PT. Cemaru Lestari kepada Koperasi Produsen Sawit Merah Jaya yang berada di Desa Pawis Hilir, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Penyerahan tersebut diberikan usai melakukan panen raya sayuran dan meninjau kolam lele terpal di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Santo Alexius Falconieri, Paroki Mater Dolorosa Jelimpo.

Karolin mengatakan bahwa serah terima tersebut adalah hasil panen bulan desember kebun plasma dari PT Cemaru Lestari yang diberikan penuh kepada Koperasi Produsen Sawit Merah Jaya sebagai koperasi mitra PT Cemaru Lestari atas lahan plasma seluas 300 hektare dengan nominal uang sebesar Rp 150 juta dan ini merupakan pertama kalinya hasil kebun plasma PT Cemaru Lestari yang dibagikan kepada masyarakat.

“Ini pertama kalinya diberikan dari hasil panen kepada petani mitra menerima bagi hasil setelah enam tahun kebun plasma PT Cemaru Lestari dibangun. Saya merasa senang jika pihak perusahaan dan masyarakat atau para petani plasma bisa bekerjasama dengan baik seperti ini,” ucap Karolin, Kamis (23/12/21).

Karolin menjelaskan ada sekitar 50 perusahaan sawit yang terdaftar di Kabupaten Landak, dan baru 60 persen perusahaan yang melakukan konversi kebun plasma kepada koperasi mitra.

“Pembangunan kebun plasma merupakan kewajiban dari setiap perusahaan perkebunan. Setiap kebun plasma yang sudah dibangun wajib di konversi kepada petani mitra perusahaan, dimana mereka para petani yang biasanya sudah tergabung dalam koperasi mitra perusahaan. Hasil kebun plasma inilah yang wajib dibagikan kepada petani. Selain dari pada itu, kami terus mendorong terus agar pertanian, perkebunan, dan hal-hal yang bersifat agrobisnis bisa berkembang di Kabupaten Landak,” terang Karolin.

Lanjut Karolin mengatakan dengan adanya sistem bagi hasil yang baik, adil dan transparan antara perusahaan dan masyarakat, diharapkan mampu menjalin sinergisitas yang baik antara pihak perusahaan, masyarakat dan pemerintah. “Semoga mamfaat ini dapat dirasakan oleh masyarakat dan dapat membangun kesejahreraan untuk masyarakat,” harap Karolin.*/

Laporan : Deckie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button