NewsPemerintahan dan Politik

Menhub RI Tinjau Bandara Pangsuma, Ini Harapan Bupati Kapuas Hulu

Channeltujuh.com, PUTUSSIBAU — Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Pangsuma Putussibau di Kabupaten Kapuas Hulu daerah perbatasan Indonesia-Malaysia yang terletak wilayah Kalimantan Barat.

Dalam agenda kunjungan kerja tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi langsung oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan bersama Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat.

“Saya senang sekali karena ini pertama kalinya saya hadir disini, untuk meninjau bandara yang berada di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia,” kata Budi Karya Sumadi, di Bandara Pangsuma Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (7/12/21).

Dikatakan Budi Karya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perhubungan Udara berencana melakukan pengembangan Bandara Pangsuma, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan dan pelayanan penerbangan, serta untuk mendongkrak perekonomian di wilayah Putussibau dan sekitarnya.

Ia mengatakan Bandara Pangsuma saat ini memiliki runway sepanjang 1800 meter dikali lebar 30 meter yang dapat didarati pesawat sejenis ATR-72 dan terminal penumpang seluas 1.020 m2.

Ditempat yang sama Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan yang akrab disapa Sis mengungkapkan bahwa dengan adanya Bandara Pangsuma akan sangat menunjang gerakan ekonomi karena masyarakat dari luar kota dengan mudah mengunjungi Kapuas Hulu.

“Apalagi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun Indonesia dari pinggiran seperti pembagunan di perbatasan Kapuas Hulu sangat direspon cepat oleh seluruh kabinetnya, maka ini akan sangat berdampak manfaatnya untuk masyakarat di pinggiran,” kata Sis.

Menurut Sis dengan hadirnya Menteri Perhubungan yang kedua kalinya ke Kapuas Hulu setelah pada 16 Maret 2017 dengan agenda Peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu di Nanga Badau, Kapuas Hulu oleh Presiden Joko Widodo menjadi bukti bahwa pemerintahan Jokowi sangat merespon jeritan masyarakat yang selama ini belum tersentuh.

“Hari ini, Presiden Jokowi semakin menunjukkan perhatian dan keseriusan pemerintah pusat  untuk membangun Indonesia dari daerah terpinggir. Salah satunya adalah di Kapuas Hulu. Dengan hadirnya Menteri Perhubungan kali kedua ini adalah bukti nyata, pemimpin yang sangat mencintai rakyatnya, yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat,” kata Sis.

Sis menegaskan keberadaan Bandara Pangsuma berdampak sangat luas untuk masyarakat perbatasan, untuk mempersingkat waktu dan meningkatkan daya tarik potensi pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu.

“Keberadaan bandara menjadi transportasi penting untuk pembangunan Kabupaten Kapuas Hulu, sehingga melalui Menteri  Perhubungan yang hadir hari ini, kami meminta perhatian pak menteri agar percepatan pengembangan Bandara Pangsuma mendapat perhatian penuh dari pemerintah pusat, karena ini adalah salah satu faktor untuk menjawab kebutuhan dan pengembangan ekonomi kami di Kapuas Hulu,” pungkas Sis yang juga merupakan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) tersebut.*/

Laporan : Sumber Humas Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu
Editor : Deckie

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button