Hukum dan TNI/PolriNews

Kodam XII/Tpr Gelar Lepas Sambut Pangdam

Channeltujuh.com, KUBU RAYA — Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura melaksanakan acara lepas sambut Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, di Aula Sudirman, Markas Komando Daerah Militer (Makodam) XII/Tanjungpura, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Acara lepas sambut ini dilaksanakan setelah secara resmi Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dan Mayjen TNI Sulaiman Agusto, melaksanakan serah terima jabatan Pangdam XII/Tanjungpura pada hari Rabu 29 September 2021 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad).

Adapun acara lepas sambut pangdam dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XII/Tanjungpura Brigjen TNI Djauhari,  para pejabat utama Kodam XII/Tanjungpura para Komandan Satuan (Dansat), Ketua serta Pengurus Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XII/Tanjungpura.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengaku sangat bersyukur dan bangga pernah menjadi bagian dari Kodam XII/Tanjungpura selama kurang lebih dua tahun. Selama menjabat, kebersamaan dan jalinan silaturahmi terbangun antara pemerintah daerah, Kepolisian, unsur Forkopimda serta segenap elemen masyarakat sangat harmonis, sehingga tercipta nuansa kerja sama yang saling mendukung dalam mewujudkan pembangunan nasional di daerah.

Selanjutnya, kepada para akademisi dan insan media serta berbagai pihak, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama selama ini, sehingga dapat memberikan citra positif bagi perkembangan pembangunan di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah serta kinerja Kodam XII/Tanjungpura.

“Kepada keluarga besar Kodam XII/Tanjungpura saya ucapkan terima kasih atas semangat, motivasi dan kinerja yang sangat luar biasa, saya bangga dengan kalian semua. Jaga kekompakan dan tingkatkan terus kemampuan secara profesional dan selalu jalin hubungan baik antara sesama Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan seluruh elemen masyarakat dimanapun berada dan bertugas,” pesan Nur Rahmad, Sabtu (3/10/21) malam.

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto menegaskan bahwa dirinya akan melanjutkan program yang telah dirintis oleh Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, diantaranya turut mendukung program-program pemerintah daerah, kebersamaan serta keharmonisan dengan seluruh elemen masyarakat.

“Tetap akan kami lanjutkan demi kemajuan Kodam XII/Tanjungpura di masa yang akan datang guna terwujudnya kepentingan pertahanan  di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah,” tegas Sulaiman Agusto yang juga merupakan mantan Kasdam XII/Tanjungpura.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sulaiman Agusto berjanji akan menjalankan amanah selaku Pangdam XII/Tanjungpura. Untuk itu mengharapkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat serta semua pihak agar tugas-tugas yang dilaksanakan oleh Kodam XII/Tanjungpura dapat berjalan sesuai harapan.

“Kodam XII/Tanjungpura beserta jajaran senantiasa akan mendukung berbagai program yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah demi terselenggaranya pembangunan nasional di wilayah, salah satunya dalam penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan program vaksinasi massal di wilayah Kodam XII/Tanjungpura,” pungkas Sulaiman Agusto.

Sedangkan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad yang hampir dua tahun ikut serta membantu dirinya dalam membangun Kalimantan Barat.

“Kita bersama Pangdam dan Kapolda berhasil membangun 385 Desa Mandiri di Kalimantan Barat. Kita juga bersama-sama menangani Pandemi Covid-19,” kata Sutarmidji.

Sutarmidji berharap kepada Pangdam XII/Tanjungpura yang baru agar sinergitas dan kerja sama antara Kodam XII/Tanjungpura dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dapat terus ditingkatkan. Saat ini menurut Sutarmidji, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat tengah fokus dalam penanganan Covid-19 dan vaksinasi. Sesuai dengan perintah presiden pada akhir Oktober ibukota provinsi harus sudah 70 persen warga divaksin.

“Ini tugas kita bersama-sama Pangdam dan Kapolda serta seluruh yang hadir. Mari kita bersama-sama untuk mengendalikan Covid-19,” harap Sutarmidji.

Usai acara ramah tamah dilaksanakan tradisi pelepasan pejabat lama di koridor gedung A Makodam XII/Tanjungpura. Dalam kesempatan ini, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menerima pengalungan syal dari Pangdam XII/Tanjungpura, sedangkan Ely Nur Rahmad menerima bunga tangan dari Ketua Persit KCK Daerah XII/Tanjungpura. Kemudian, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad melaksanakan penciuman Pataka Kodam XII/Tanjungpura, Carathana Jitavina.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad didampingi istri melewati pasukan pedang pora diiringi himne dan Mars Tanjungpura, menerima hormat jajar dari Regu Jaga Kodam XII/Tanjungpura. Sebelum meninggalkan Makodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad membacakan Bara Tanjungpura.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button