Hukum dan TNI/PolriNews

Pangdam XII/Tanjungpura Ikuti Pembukaan Latopsratmin 2021 Secara Virtual

Channeltujuh.com, KUBU RAYA — Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad didampingi para pejabat utama Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura mengikuti acara pembukaan Latihan Operasi Pendaratan Administrasi (Latopsratmin) tahun anggaran 2021 secara virtual dari Aula Sudirman, Markas Komando Daerah Militer (Makodam) XII/Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Latopsratmin tahun anggaran 2021 dibuka oleh Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklat) TNI, Letjen TNI Tiopan Aritonang, dari Gedung Laut Natuna Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara.

Acara pembukaan latihan ini juga diikuti Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kaskolinlamil), Wakil Komandan Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Wadankodiklat) Tentara Nasional Indonesia (TNI), Komandan Pusat Latihan (Danpuslat) Kodiklat TNI, Irkodiklat TNI, Dirlat Kodiklat TNI, Komandan Pangkalan Utama  Angkatan Laut (Danlantamal) XII/Pontianak serta Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Lampung.

Dankodiklat TNI, Letjen TNI Tiopan Aritonang, dalam amanatnya menjelaskan Latopsratmin tahun anggaran 2021 akan dilaksanakan selama delapan hari. Mulai hari ini tanggal 18 sampai dengan 25 Agustus 2021 sebagaimana yang telah diprogramkan oleh Staf Operasi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI).

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan Komando Tugas Pendaratan Administrasi (Kogasratmin) TNI dan unsur-unsurnya untuk melaksanakan operasi pendaratan administrasi dalam rangka mendukung operasi komando gabungan TNI,” jelas Tiopan, Rabu (18/8/21).

Selanjutnya Tiopan mengatakan, adapun sasaran yang ingin dicapai adalah memahami dan mampu menyusun rencana operasi dengan metode Tactical Floor Game (TFG), mampu menjalin koordinasi antar unsur Kogasratmin serta menguasai dan mampu dalam melaksanakan prosedur menghadapi ancaman dan penerapan doktrin prosedur organisasi dengan baik.

“Sedangkan tema pada latihan ini adalah Kogasratmin TNI melaksanakan operasi pendaratan operasi di Mandala Perang dalam rangka mendukung tugas pokok Komando Gabungan TNI,” kata mantan Komandan Resor Militer (Danrem) 121/Alambhana Wanawwai.

Tiopan selaku Direktur Latihan berharap, latihan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

“Jalin kerjasama yang baik antara penyelenggara pelaku dan pengawas latihan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini,” harap Tiopan.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button