TNI AD dan TDM Patroli Bersama di Sektor Timur Kalimantan Barat

TNI AD dan TDM Patroli Bersama di Sektor Timur Kalimantan Barat

Channeltujuh.com, KAPUAS HULU -- Patroli terkoordinasi Siri I/2020 di garis batas Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat sektor timur Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan oleh prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 133/Yudha Sakti dan Yon 13 Rezimen Askar Melayu Diraja (RADM) telah selesai dilaksanakan Senin 10 Pebruari 2020 kemarin. Kegiatan tersebut dalam rangka mengecek kondisi patok-patok perbatasan kedua wilayah negara.

Patroli dimulai dari sektor patok Pos Mentari sampai dengan Pos Perumbang Malaysia dan berakhir di Pos Gabungan Bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) di Lubok Antu tersebut digelar selama lima hari mulai dari tanggal 5 hingga 10 Februari 2020. 

"Sebagaimana diketahui bersama, patroli patok terkoordinasi ini dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka mengecek kondisi patok-patok perbatasan. Patroli patok perbatasan pada tahun anggaran 2020 ini menempuh jarak sepanjang 68 kilometer dengan menemukan sebanyak 125 patok perbatasan kedua negara," jelas Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif 133/Yudha Sakti, Letkol Infanteri Hendra Cipta, Selasa (11/2/20).

Dikatakan Cipta, sinergitas antar prajurit pengamanan di wilayah perbatasan kedua negara perlu dipupuk secara baik, kebersamaan harus terus dibina dimana prajurit yang melakukan patroli patok berjalan dan tidur bersama di alam terbuka.

"Kebersamaan tersebut akan terpatri terus dalam benak masing-masing setelah melakukan patroli bersama. Prajurit TNI AD dan TDM memupuk semangat kebersamaan yang efektif untuk mewujudkan saling memahami dan pengertian dari kedua negara dalam menjaga kedaulatan antar negara, jadi kebersamaan terus dibina setelah pelaksanaan patroli patok terkoordinasi ini," pungkas Cipta.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :