Patroli Malam Satgas Pamtas Temukan Pickup dan Sapi Tak Bertuan

Patroli Malam Satgas Pamtas Temukan Pickup dan Sapi Tak Bertuan

Channeltujuh.com, BENGKAYANG -- Saat menggelar patroli untuk mencegah kegiatan ilegal di perbatasan, personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 641/Beruang, Senin 3 Februari 2020 berhasil mengamankan satu unit kendaraan pickup KB 8548 MD dan satu ekor sapi tak bertuan. Barang bukti tersebut ditinggalkan oleh pengemudinya di tepi jalan area PT Sawit Ledo 1, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif R 641/Beruang, Letkol Infanteri Kukuh Suharwiyono, menjelaskan kronologi kejadian bermula saat personel Satgas Pos Kumba Semunying yang dipimpin langsung oleh Danpos, Letda Inf Akhmad Tarmidi bersama tujuh anggota melaksanakan kegiatan patroli wilayah dengan menggunakan kendaraan sepeda motor.

"Dalam pelaksanaan patroli tersebut tidak ditemukan hal-hal yang menonjol, saat menjelang pagi hari tim memutuskan untuk kembali menuju ke Pos Kumba Semunying. Dalam perjalanan kembali menuju pos personel yang dipimpin Danpos melihat cahaya dari arah berlawanan yang mendekat, diduga cahaya tersebut adalah kendaraan roda empat. Selanjutnya tim patroli berhenti untuk memastikan kendaraan yang akan melintas. Ketika jarak semakin dekat dan ketika hendak diberhentikan, pengemudi tersebut tidak memperdulikan sebaliknya melaju melintasi tim patroli, selanjutnya anggota melakukan pengejaran. Dari hasil pengejaran kendaraan didapati sudah berhenti di tepi jalan area PT Sawit Ledo 1 yang ditinggalkan oleh pengemudi. Setelah dilakukan pengecekan kunci kendaraan tersebut sudah tidak ada diduga sudah dibawa kabur oleh pengemudinya. Selain itu juga, didapati satu ekor sapi yang dimuat kedalam bak yang posisinya sudah terikat dengan posisi terlentang," jelas Kukuh, Rabu (5/2/20).

Kukuh mengatakan menyikapi hal tersebut Satgas Pamtas masih melakukan pendalaman pengemudi dan pemilik mobil tersebut.

"Masih kita dalami apa alasannya lari dari kami. Saat ini untuk barang bukti telah diamankan di Pos Koki Jagoi Babang Lama untuk pendalaman lebih lanjut," pungkas Kukuh.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :