Sukses Membangun Desa, Pangdam Tanjungpura Maksimalkan Program Selanjutnya

Sukses Membangun Desa, Pangdam Tanjungpura Maksimalkan Program Selanjutnya

Channeltujuh.com, PONTIANAK -- Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura akan memaksimalkan program percepatan desa mandiri di Provinsi Kalimantan Barat untuk mensejahterakan masyarakat. 

Hal ini disampaikan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Muhammad Nur Rahmad, usai bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Barat (Kalbar) mendampingi Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar, membuka Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa (PID) Provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 yang berlangsung di Ballroom Hotel Kini, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

"Kedepan Kodam XII/Tanjungpura akan memaksimalkan program desa mandiri karena ada perintah dari gubernur pada tahun 2023 kami harus bisa menjadikan sebanyak 445 desa mandiri, ini tantangan dan saya yakin kita mampu dengan semua itu, mudah-mudahan dengan adanya dukungan dari menteri serta gubernur kami siap melaksanakan program percepatan desa mandiri untuk mensejahterakan rakyat," kata Nur Rahmad, Senin (4/11/19).

Sebelumnya, Nur Rahmad dalam kesempatan tersebut melaporkan kepada Menteri Desa dan PDTT, bahwa saat ini Kodam XII/Tanjungpura, sedang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar melaksanakan program Gubernur Kalbar yaitu pembentukan desa mandiri di Kalbar.

"Kodam XII/Tanjungpura beserta jajaran membantu percepatan proses pembangunan desa mandiri terutama kami prioritaskan ke-63 desa dimana proses pekerjaan yang sedang di laksanakan saat ini secara umum telah kita laksanakan prosentasinya adalah kurang lebih hampir 90 persen jadi saat ini sudah tahap akhir," jelas Nur Rahmad.

Nur Rahmad menyampaikan bahwa dalam percepatan desa mandiri di Kalbar, Kodam XII/Tanjungpura dalam pelaksanaanya melibatkan para Komandan Distrik Militer (Dandim), Komandan Rayon Militer (Danramil), Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran beserta masyarakat di desa. Saat ini telah menunjukan hasil yang optimal di mana dari target 63 desa ternyata dari Provinsi Kalbar telah mencapai 87 desa mandiri ini.

"Kami dari Kodam XII/Tanjungpura juga membangun dengan sasaran indeks ketahanan baik kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik diarahkan pada indikator-indikator ketersediaan misalnya Pos Keamanan Lingkungam (poskamling), Pos Pelayanan Keluarga Berencana, Kesehatan Terpadu (posyandu), perpustakaan, membuka akses jalan, pembangunan jembatan, mandi, cuci, kakus (MCK), serta kesehatan. Disamping itu aspek non fisik juga kita lakukan penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara, penyuluhan kesehatan, berkoordinasi dengan dinas kesehatan hukum dan radikalisme," jelas Nur Rahmad.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :