Musim Kemarau, TNI Berperang Melawan Kobaran Api di Lahan Gambut

Musim Kemarau, TNI Berperang Melawan Kobaran Api di Lahan Gambut

Channeltujuh.com, PENAJAM -- Dampak dari kebakaran lahan gambut yang sudah memasuki hari ke-5 belum juga tuntas, puluhan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta dari instansi terkait dan masyarakat berperang melawan asap di Kelurahan Petung dan di Desa Giripurwa, Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0913/PPU Letkol Inf Mahmud mengatakan bahwa perlu di ingat pantang pulang sebelum padam, dan yang lebih penting lagi adalah faktor keamanan maupun keselamatan karena percuma api padam tapi keamanan kita sendiri terabaikan.

\"Kejadian kebakaran tersebut berawal pada hari Minggu 8 September 2019 dan tidak sampai tertangani dengan serius di karenakan pada waktu itu bersamaaan terjadi kebakaran di beberapa titik, sehingga sampai menjalar ke lahan gambut hingga sekarang ini belum padam,\" terang Mahmud, Jumat (13/9/19).

Sehingga dengan kejadian tersebut, lanjut Mahmud mengatakan Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman menurunkan personil bawah kendali operasi (BKO) Kodim 0913/PPU yakni 1 Pleton Yon Zipur 17/AD dengan jumlah 31 personil di bawah pimpinan Letda Czi Mashabi.

“Kami prajutit TNI akan selalu hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat dan siap mengawal negara dari berbagai bentuk ancaman lainnya, termasuk di antaranya musibah kebakan ini,” tegas Mahmud.*/

Laporan : Sumber Penrem 091/Aji Surya Natakesuma
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :