Irdam XII/Tanjungpura Pimpin HUT RI ke 74 di Makodam XII/Tanjungpura

Irdam XII/Tanjungpura Pimpin HUT RI ke 74 di Makodam XII/Tanjungpura

Channeltujuh.com, KUBU RAYA -- Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura, menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019. 

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Herman Asaribab yang diwakili Irdam XII/Tanjungpura, Kolonel Czi Denny Herman, di lapangan apel Markas Kodam (Makodam) XII/Tanjungpura, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Dengan tema, 'Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju'.

Upacara diikuti juga oleh para Perwira Staf Ahli Pangdam XII/Tanjungpura, para Asisten dan Kabalakdam XII/Tanjungpura, para Perwira, Bintara, Tamtama, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodam XII/Tanjungpura wilayah Garnizun Pontianak serta Persatuan Istri Prajurit (Persit).

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Herman Asaribab dalam amanatnya yang dibacakan Irdam XII/Tanjungpura, Kolonel Czi Denny Herman, menyampaikan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, tidaklah mudah dan tidaklah ringan. Para pahlawan dan para pendiri bangsa, dengan rela serta ikhlas mengorbankan jiwa dan raga, maupun harta benda yang mereka miliki, untuk berjuang hingga titik darah penghabisan guna mencapai satu tujuan, yaitu Indonesia merdeka.

"Menjadi kewajiban kita semua, untuk terus menjaga negara dan bangsa ini, dari berbagai ancaman yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta untuk tidak pernah berhenti dalam mengisi kemerdekaan ini dengan secara nyata membangun bangsa sesuai dengan tugas dan tanggung jawab peran dan fungsi masing-masing," tegas, Herman, dalam sambutan Pangdam XII/Tanjungpura, Sabtu (17/8/19).

Dalam sambutan Pangdam XII/Tanjungpura, Herman, mengatakan berpesan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam XII/Tanjungpura untuk selalu mengikuti setiap perkembangan yang terjadi baik lingkungan strategis maupun pengaruh global lainnya dan tidak tertinggal di dalam mengantisipasi setiap perkembangan serta ancaman yang terjadi. 

"Seluruh prajurit dan PNS sebagai komponen utama pertahanan negara agar senatiasa memegang teguh komitmen, sesuai tugas dan kewajiban yang diamanatkan undang-undang untuk menjaga kedaulatan negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Tugas pokok kita adalah menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari berbagai bentuk ancaman baik yang datang dari dalam maupun luar negeri," pungkasnya.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :