Siap Gelar Pilkades Serentak, ini yang Dilakukam Pemkab Landak

Siap Gelar Pilkades Serentak, ini yang Dilakukam Pemkab Landak

Channeltujuh.com, NGABANG -- Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DSPMPD) mengadakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019.

Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019 ini dilaksanakan pada tanggal 7-9 Agustus 2019 di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Jumlah peserta yang hadir sebanyak 160 orang dari 50 desa didelapan kecamatan yaitu Kecamatan Ngabang, Sengah Temila, Sebangki, Menjalin, Mempawah Hulu, Jelimpo, Menyuke dan Kecamatan Mandor yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pemilihan kepala desa serentak yang akan dilaksanakan di 50 desa di delapan kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Landak kepada masyarakat dan pada khususnya untuk wilayah-wilayah kecamatan dan desa-desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DSPMPD), Mardimo, menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2019 berprinsip demokratis yang berpedoman pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014.

"Pelaksanaan dan penyelenggaraan Pilkades tidak bisa disamakan sepenuhnya dengan pemilihan presiden, pemilihan kepala daerah dan pemilihan legislatif, dikarenakan Undang-undang dan peraturan yang berbeda, untuk Pilkades serentak aturan yang dipergunakan adalah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa sedangkan pemilihan presiden, kepala daerah dan anggota legislatif menggunakan aturan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum," kata Mardimo, ditemui dikantornya Jumat, (9/8/19). 

Mardimo menegaskan kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman yang mendalam dan teknis mengenai pelaksanaan Pilkases serentak kepada panitia Pilkades.

"Adapun panitia yang terlibat di dalam Pilkades serentak tahun 2019 ini ada tiga unsur panitia, panitia yang pertama yaitu panitia Pilkades Yang terdiri atas panitia Pilkades tingkat desa, panitia Pilkades tingkat kecamatan dan panitia Pilkades tingkat kabupaten. Panitia ke dua adalah panitia pengawas Pilkades, yang terdiri atas panitia Pilkades tingkat kecamatan dan panitia Pilkades tingkat kabupaten, dan yang terakhir adalah panitia penyelesaian sengketa Pilkades, yang terdiri atas panitia penyelesaian sengketa tingkat kecamatan, panitia penyelesaian sengketa tingkat kabupaten dan tim independen," terang Mardimo.

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan bimbingan telnis (bimtek) yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DSPMPD).

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019 ini, karena  kegiatan ini adalah langkah yang tepat untuk berjalannya pemilihan Pilkades nanti," kata Karolin.

Karolin berharap semua pihak melaksanakan tugasnya dengan baik agar Pilkades serentak tahun 2019 bisa sukses berjalan dengan lancar.

"Sukses itu menjadi tanggung jawab kita semua, kunci sukses itu bukan hanya dari regulator dan pihak penyelenggara, tetapi terletak pada kita semua baik itu selaku regulator, penyelengara pemerintahan, panitia dan terlebih-lebih masyarakat selaku pelaku demokrasi," tukas Karolin mengakhiri.*/

Laporan : Deckie

Bagikan :