Bersama BKKBN, Kodam XII/Tanjungpura Canangkan TMKK di Kalteng

Bersama BKKBN, Kodam XII/Tanjungpura Canangkan TMKK di Kalteng

Channeltujuh.com, KOTAWARINGIN BARAT --Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab bersama Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Satyawati Kusumadewi, melaksanakan pencanangan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Keluarga Berencana Kesehatan (TMKK) tahun 2019 wilayah Provinsi Kalteng di lapangan upacara Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Dengan tema, Untuk Mencapai Cakupan Kesehatan Keluarga, Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan KB Kesehatan di Kalimantan Tengah.

Kegiatan TMMK ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kesepakatan bersama antara Panglima TNI dengan Kepala BKKBN Pusat, khususnya tentang pelibatan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam kegiatan program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia yang dirasakan masih kurang optimal. Yang diharapkan melalui kerja sama tersebut dapat menyukseskan program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat sehat.

Herman dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan TMMK kerjasama antara TNI dengan BKKBN ini bertujuan untuk mengatur angka kelahiran di masyarakat.

"Kegiatan ini bukan untuk membatasi tapi adalah untuk mengatur kelahiran sehingga sumber daya manusia yang disiapkan kelahirannya ini nantinya benar-benar unggul untuk membangun Indonesia kedepan," tegas Herman, Kamis (8/8/19).

Sedangkan Kapendam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, saat memberikan keterangan kepada awak media menyampaikan, Kodam XII/Tanjungpura bekerjasama dengan BKKBN Kalteng melaksanakan pencanangan Bakti KB TNI dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan kondisi sumber daya manusia Indonesia yang pontensial untuk membangun bangsa Indonesia khususnya Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Dengan telah dicanangkannya TMMK ini nantinya seluruh Kodim jajaran Komando Resor Militer (Korem) 102/Panju Panjung di Kalteng akan melaksanakan kegiatan- kegiatan yang berhubungan dengan program KB antara lain melaksanakan kegiatan komunikasi, informasi dan edukasi KB pada masyarakat," jelas Aulia.

Sedangkan Plt Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Satyawati Kusumadewi, dalam acara pencanangan tersebut mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI atas dukungan dan kerjasamanya untuk mensukseskan program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Provinsi Kalimantan Tengah.

"TNI telah membantu BKKBN dengan melibatkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai penegak hubungan dan motivator di lapangan. Integrasi kegiatan yang sinergis dengan TNI diharapkan dapat memperluas kembali program KKBPK dilapangan," pungkas Satyawati.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :