Pangdam XII/Tanjungpura Tutup TMMD di Desa Pangkut

Pangdam XII/Tanjungpura Tutup TMMD di Desa Pangkut

Channeltujuh.com, KOTAWARINGIN BARAT --Program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105, Komando Distrik Militer (Kodim) 1014/Pangkalan Bun telah berhasil melaksanakan pembangunan sasaran fisik berupa peningkatan jalan sepanjang 3,5 kilometer serta rehab tiga tempat ibadah di Desa Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Selain itu juga berhasil melaksanakan pembangunan sasaran tambahan berupa peningkatan jalan sepanjang kurang lebih 4 kilometer di Desa Sukarame serta berhasil melaksanakan pembangunan tuga jembatan. Sedangkan untuk sasaran non fisik telah dilakukan berbagai penyuluhan pada masyarakat.

Pelaksanaaan program TMMD tersebut secara resmi ditutup oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab. Ditandai dengan penyerahan secara simbolis hasil TMMD ke-105 oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD pada Bupati Kotawaringin Barat. 

Acara penutupan TMMD Kodim 1014/Pangkalan Bun digelar di lapangan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 01 Pangkut yang dihadiri oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 102/Panju Panjung, Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar, Aster Kasdam XII/Tanjungpura, Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1014/Pangkalan Bun, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pangkalan Bun, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKKBN Kalteng, (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kobar, Camat Arut Utara, Lurah Pangkut, Ketua Persit KCK PD XII/Tanjungpura dan Ketua Persit KCK Koorcabrem 102/Panju Panjung.

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, dalam amanatnya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), aparat pemerintah daerah, serta segenap komponen masyarakat yang telah bekerja keras guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non-fisik pada program TMMD ke-105.

"TMMD yang diprogramkan tiga kali dalam tahun 2019 ini adalah, salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, kementerian/lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat. Ini bertujuan untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, miskin, terisolasi, terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana," jelas, Herman, Kamis (8/8/19).

Herman mengatakan program TMMD sejatinya adalah upaya mengajak kepada masyarakat agar bekerjasama membangun daerah, guna mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan era globalisasi di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. 

"Untuk itulah, selama kegiatan TMMD ini prajurit TNI hadir di tengah-tengah masyarakat guna menyebarkan semangat gotong-royong untuk meningkatkan kesejahteraan," tuturnya.

Mengakhiri amanatnya, Herman, berharap dengan selesainya kegiatan TMMD yang sudah dilaksanakan oleh Kodim 1014/Pangkalan Bun selama ini, dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat, semangat gotong royong serta kebersamaan.

"Saya ucapkan terima kasih pada seluruh pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat yang telah memberikan dukungan, kontribusi positif dan partisipasi aktif dalam pelaksanaan program TMMD, sehingga hasil TMMD ini dapat dinikmati manfaatnya oleh masyarakat luas," ucapnya.

Sedangkan Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah, menyampaikan atas nama pemerintah daerah Kotawaringin Barat dan masyarakat Kelurahan Pangkut mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan program TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 1014/Pangkalan Bun

"TMMD yang telah dilaksanakan kurang lebih selama 30 hari sudah selesai, Alhamdulilah ini sudah 100 persen terealisasi semuanya," pungkas Nurhidayah.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :