Jelang HUT RI ke 74, TNI Bagikan Bendera Merah Putih di Beranda Terdepan NKRI

Jelang HUT RI ke 74, TNI Bagikan Bendera Merah Putih di Beranda Terdepan NKRI

Channeltujuh.com, KAPUAS HULU -- Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301/Prabu Kian Santang (PKS) bagikan 130 bendera merah putih kepada warga yang tidak mampu di perbatasan Republik Indonesia (RI)-Malaysia.

Hal ini sebagai simbol persatuan antara anggota Satgas Pamtas dengan komponen masyarakat (Kommas) dalam menjaga dan mengawal wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 301/PKS, Letkol Inf Andi Hasbullah di Pos Kotis Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mengatakan kegiatan tersebut dilakukan karena masih terdapat masyarakat yang masih menggunakan bendera merah putih yang sudah lusuh dan tidak layak dipasang lagi karena jarak ke kota terlalu jauh untuk membeli. Dan sebagian kurangnya kesadaran untuk mengibarkan bendera merah putih khususnya di kampung-kampung pedalaman.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari pendekatan anggota Satgas Pamtas terhadap masyarakat untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah kita capai selama 74 tahun. Selain itu juga, bertujuan untuk mengajak setiap komponen masyarakat agar turut serta menyemarakkan semangat merah putih di perbatasan. Dengan harapan akan timbul motivasi dan kesadaran masyarakat akan jati dirinya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dalam memperingati hari Kemerdekaan RI ke-74," ujar Hasbullah, Selasa (6/8/19).

Sementara itu, salah satu tokoh Adat Desa Muakan, Gembah, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Pamtas Yonif R 301/PKS yang sudah membatu kesulitan mereka dan menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme untuk masyarakat perbatasan.

"Semangat untuk NKRI, kami semakin cinta dengan NKRI," ucap Gembah.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :