Karolin : Putra Putri Kabupaten Landak Siap Jadi Prajurit TNI

Karolin : Putra Putri Kabupaten Landak Siap Jadi Prajurit TNI

Channeltujuh.com, NGABANG – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Herman Asaribab, menegaskan akan memprioritaskan putra daerah menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) untuk wilayah Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat yang berada dibawah teritorial Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura.

Hal tersebut disampaikan Herman, saat mengunjungi Kabupaten Landak pada Selasa 30 Juli 2019, bertempat di Rumah Dinas Bupati Landak, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, dalam rangka kunjungan kerja ke pemerintah dearah yang ada di Kalimantan Barat termasuk Pemerintah Kabupaten Landak (Pemkab Landak) untuk mejalin kerjasama dalam hal keamanan serta kesejahteraan masyarakat.

“Penerimaan prajurit ini sudah penekanan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) untuk diutamakan masyarakat asli atau putra daerah, seperti putra daerah dari Kabupaten Landak ini dengan masa domisili mereka minimal tiga tahun berdasarkan data kependudukan dan ini sudah merupakan kebijakan yang akan dimulai di Kodam XII/Tanjungpura,” terang Herman.

Lebih lanjut Herman, berharap pemerintah daerah dapat membantu pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mencari dan merekrut putra daerah yang ada di wilayahnya masing-masing sesuai dengan standar perekrutan yang diatur dalam penerimaan prajurit TNI.

“Saya berharap konektifitas dan kerjasama antara Kodam XII/Tanjungpura bersama Pemkab Landak dapat berkerjasama dalam hal merekrut putra daerah asal Kabupaten Landak mulai dari Kampung-kampung yang mungkin belum ada menjadi seorang prajurit TNI. Untuk standar-standar penerimaan prajurit yang diberikan bisa kita turunkan, tetapi untuk standar utama penerimaa seperti kesehatan tidak bisa kita abaikan jika mereka memiliki penyakit yang membahayakan mereka ketika masuk ke dunia militer,” imbau Herman.

Sementara itu, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, mengatakan akan siap membantu Kodam XII/Tanjungpura dalam mencari calon prajurit TNI di Kabupaten Landak dengan harapan mereka mampu memberikan harapan anak-anak Kabupaten Landak untuk menggapai cita-cita mereka sebagai seorang tentara.

“Kita bersyukur ada kebijakan yang dikeluarkan TNI dalam memprioritaskan putra daerah menjadi prajurit TNI sehingga dapat memberikan harapan besar bagi anak-anak Kabupaten Landak yang bercita-cita menjadi seorang tentara. Kita kedapan akan terus berkoordinasi dengan Kodam XII/Tanjungpura dalam hal perekrutan calon prajurit TNI untuk putra daerah, dengan medorong anak Kabupaten Landak ikut mendaftar sebagai prajurit TNI,” tukas Karolin.*/

Laporan : Deckie

Bagikan :