Karolin Apresiasi Kegiatan BID di Sengah Temila

Karolin Apresiasi Kegiatan BID di Sengah Temila

Channeltujuh.com, NGABANG – Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, mengapresiasi Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) yang diadakan di halaman Kantor Camat Sengah Temila, Kabuopaten Landak, Kalimantan Barat.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) ini karena Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Kementerian Desa untuk pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia," kata Karolin, Rabu (31/7/19).

Karolin juga mengatakan BID merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa di lingkungan Kabupaten Landak dalam rangka penggunaan dana desa yang efektif dan inovatif.

“Pelaksanaan BID untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka pengunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif," ujar Karolin.

Karolin juga menyampaikan bahwa pembangunan desa saat ini masih terfokus pada kegiatan Infrastruktur, sedangkan kegiatan-kegiatan yang bersifat pembangunan manusia atau pemberdayaan masyarakat porsinya dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa  (APBDS) masih sangat minim.

“Oleh karena itu PID di munculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan Pelaksanaan Pembangunan Desa secara berkualitas," ujar Karolin.

Karolin berharap BID, mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat menjadi forum sharing pengetahuan dan pengalaman, bagi para pemaku kepentingan desa termasuk pendamping desa sehingga dapat meningkatkan kapasitas desa di BID sekaligus mempercepat capaian kesejahteraan masyarakat desa," tukas Karolin.*/

Laporan : Deckie

Bagikan :