Pemkab Landak Dorong Pemerintah Desa Berinovasi Lewat BID

Pemkab Landak Dorong Pemerintah Desa Berinovasi Lewat BID

Channeltujuh.com, NGABANG – Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DSPMPD) Bidang Pemberdayaan Masyarakat mengadakan kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) tahun 2019 yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Kegiatan ini di buka oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Vinsensius, yang mewakili Bupati Landak dan dihadiri oleh Kepala DSPMPD Kabupaten Landak, Camat Sengah Temila, Camat Sebangki, Camat Mandor, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Sengah Temila, Komandan Rayon Militer (Danramil) Sengah Temila, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sengah temila, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Direktur Perusahaan Daerah (Perusda) Landak, seluruh Kepala Desa dan tokoh masyarakat, toko adat serta tokoh agama.

Dalam sambutanya Vinsensius, menyatakan bahwa Bursa Inovasi Desa merupakan kegiatan Program Inovasi Desa (PID) yang hadir sebagi upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa (DD).

“Melalui program inovasi desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif," ujar Vinsensius, Rabu (31/7/19).

Vinsensius juga menegaskan PID merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih epektif dalam menyusun pengunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

“PID dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorentasikan untuk memenuhi pencapaian target melalui peningkatan produktivitas perdesaan," ujar Vinsensius.

Vinsensius juga menyampaikan bahwa inovasi desa adalah hal yang harus dipioritaskan di tahun 2019 ini.

“Inovasi bukan saja terjadi di Kabupaten Landak tetapi terjadi di seluruh Indonesia ini, mau tidak mau, suka atau tidak suka kita harus bisa berinovasi, ini menjadi prioritas kita di tahun 2019, kita harus berubah dengan hal-hal baru yang kita munculkan untuk giat di pemerintah desa," tegas Vinsensius.

Sementara itu, Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa (BID) 2019, Jihen, mengungkapkan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda nawacita presiden tahun 2015-2019 dan dimasukan dalam Undang – Undang Desa No 6 Tahun 2014.

“Dalam pengembangan rencana desa baik dari segi pembangunan yang berkualitas agar dapat meningkatkan produktifitas masyarakat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing," kata Jihen.

Diwaktu yang sama Camat Sengah Temila, Emilius, sangat menyambut baik dengan dilaksanakan kegiatan Bursa Inovasi Desa di Kecamatan Sengah Temila.

“Kita patut apresiasi kegiatan ini, dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memacu Kepala Desa dan masyarakat berlomba untuk menggali inovasi di desa masing-masing, terutama Ibu-ibu PKK akan mengembangkan ilmunya yang telah dimiliki dan siap berkompetisi sehingga memacu diri dan serta semangat ingin maju," tukas Emilius.*/

Laporan : Deckie

Bagikan :