Masuk Indonesia, Satgas Pamtas Amankan Porsche Carrera Asal Malaysia

Masuk Indonesia, Satgas Pamtas Amankan Porsche Carrera Asal Malaysia

Channeltujuh.com, SANGGAU -- Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri Mekanis (Satgas Pamtas Yonmek) 643/Wanara Sakti, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan satu unit mobil sport classic jenis Porsche Carrera 911 dengan nomor polisi BAR 9658 dari Malaysia ke Indonesia Minggu 14 juli 2019 sekitar pukul 08.30 pekan lalu. 

Hal ini diungkapkan Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto di Pos Kotis Gabma Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, saat menggelar Press Conference dengan awak media.

Press Conference di Pos Kotis Gabma Entikong dihadiri juga oleh Kacabjari Entikong, Akwan, Perwakilan Bea Cukai Entikong, Erif dan Perwakilan dari Polsek Entikong, Iptu Eeng.

Disampaikan Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti mobil sport classic jenis Porsche Carrera 911 warna grey dengan nomor mesin 63H04023 dan nomor rangka wpozzz91zhs141185 dengan tahun pembuatan diperkirakan sekitar 1984-1988 berhasil diamankan oleh Tim Patroli Satgas SSK 3 yang dipimpin Lettu Inf Debry Wahyu Pranoto, di Kamp Ngabang, Dusun Guna Banir, yang masuk wilayah tanggung jawab Pos Pamtas Guna Banir Satgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti.

"Saat diamankan tim patroli Satgas mobil sudah ditinggalkan oleh pelaku, karena sistem penyelundupan mobil menggunakan jaring terputus sehingga pelaku meninggalkan mobil tersebut untuk diambil pelaku lainnya dan dibawa keluar dari Dusun Guna Banir," jelas Dwi, Jumat (26/7/19).

Dwi menyampaikan pengamanan mobil ilegal yang masuk dari Malaysia ke Indonesia merupakan hasil sinergitas instansi CIQS yang ada di perbatasan, dengan adanya kasus mobil ilegal yang diamankan oleh Satgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti menandakan bahwa di sepanjang jalur perbatasan memiliki kerawanan yang sangat tinggi terhadap masuknya barang ilegal ke Indonesia.

"Untuk itu Satgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti tetap akan meningkatkatkan dan memperketat pengawasan di sepanjang jalur perbatasan Republik Indonesia-Malaysia," kata Dwi.

Hal senada juga dikatakan Iptu Eeng anggota Polsek Entikong, untuk saat ini kasus tersebut sedang dalam tahap penyelidikan.

"Ada beberapa nama yang telah dicurigai terlibat dalam penyelundupan mobil tersebut, namun guna kepentingan penyelidikan nama-nama tersebut masih dirahasiakan," pungkas Eeng.

Untuk diketahui, sampai dengan saat berita ini diturunkan, barang bukti masih diamankan oleh Satgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti, di Pos Kotis Gabma Entikong.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :