Lewati Medan Terjal, TNI Bantu Evakuasi Warga yang Sakit

Lewati Medan Terjal, TNI Bantu Evakuasi Warga yang Sakit

Channeltujuh.com, SINTANG -- Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri Raider (Yonif R) 301/Prabu Kian Santang selalu memberikan bantuan yang tulus dan ikhlas kepada masyarakat diperbatasan.

Hal itu terbukti saat anggota Pos Sungai Kelik melaksanakan evakuasi warga yang sakit di rumah gubuk Dusun Sungai Kelik, Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Komamdan Satgas Pamtas Yonif R 301/Prabu Kian Santang, Letkol Inf Andi Hasbulah, mengatakan proses evakuasi tersebut bermula laporan dari Lubis (60) yang merupakan saudara dari Idris datang ke Pos untuk meminta bantuan kepada anggota kesehatan Pos Sei Kelik, Pratu Alan untuk diberi pengobatan lantaran penyakit stroke Idris kambuh. 

"Ya saat itu juga Pratu Alan, melaporankan hal tersebut kepada Danpos Sungai Kelik, Letda Arm Tri Ardian untuk melakukan pemeriksaan terhadap Idris, setelah selesai diperiksa dan dinyatakan bahwa yang bersangkutan harus segera dievakuasi ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat. Dengan begitu empat orang anggota Pos Sungai Kelik dipimpin, Letda Arm Tri Ardian berangkat menuju rumah Idris untuk membantu membuat tandu yang akan digunakan untuk membawa Bapak Idris turun ke Desa Sungai Kelik dengan jarak empat jam perjalanan darat dan melewati medan yang sangat terjal serta harus menyeberangi sungai Ketungau untuk sampai ditujuan. Selain itu juga, evakuasi ini dibantu oleh warga sekitar," kata Hasbulah, Minggu (7/7/19).

Setelah sampai tujuan di Desa Sei Kelik. Lanjut Hasbulah, mengatakan Idris selanjutnya dibawa menuju Puskesmas Senaning untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.

"Kegiatan ini merupakan perwujudan dari 8 wajib Tentara Nasional Indonesia (TNI) yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Anggota Satgas Pamtas Yonif R 301/Prabu Kian Santang, selalu siap sedia apabila masyarakat membutuhkan bantuan," ujar Hasbulah.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :