Terapkan Perundang-Undangan Tentang Desa, Ini yang Dilakukan Pemkab Landak

Terapkan Perundang-Undangan Tentang Desa, Ini yang Dilakukan Pemkab Landak

Channeltujuh.com, NGABANG -- Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PEMDES) Bidang Administrasi Pemerintahan Desa dan Pengembangan Kapasitas Peraturan Pemdes (ADMINDES PKAP) gelar sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang desa yang dilaksanakan di ruang rapat Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang desa ini di hadiri langsung oleh Camat Sengah Temila Emilius, seluruh Kepala Desa (Kades) dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di Kecamatan Sengah Temila.

Narasumber Kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang desa ini langsung dari bidang administrasi pemerintahan desa dan pengembangan kapasitas peraturan pemdes (ADMINDES PKAP) pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan pemerintahan desa.

Pada kesempatan ini Kepala Bidang (Kabid) ADMINDES PKAP Kabupaten Landak, Hermanto menyampaikan bahwa sosialisasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Landak ini bertujuan untuk pembinaan dan peningkatan kualitas aparatur pemerintahan desa.

“Pada acara sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang desa ini perlu diketahui bahwa program kegiatan ini merupakan program kegiatan Pemerintah Kabupaten Landak dalam rangka pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa di Kabupaten Landak,” terang Hermanto, Senin (1/7/19).

Hermanto berharap dengan sosialisasi ini seluruh perangkat desa yang hadir nantinya bisa peka terhadap persoalan-persoalan yang sudah maupun belum terjadi dalam pemerintahan desa.

“Kita berharap semua desa yang mengikuti sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang desa pada hari ini, handal dan peka terhadap persoalan serta mengerti kebutuhan untuk menjawab persoalan-persoalan yang telah ada saat ini, bahkan mampu memprediksi persoalan yang akan muncul dimasa yang akan datang,” harap Hermanto.

Dengan disosialisasikannya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa ini, Hermanto mengimbau kepada seluruh Kades, para Ketua BPD dan perangkat desa lainnya agar mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan diri.

“Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa maka seluruh Kades, Ketua BPD dan perangkat desa lainnya dituntut agar bisa meningkatkan dan mengembangkan kompetensi, kemampuan manajerial, manajemen yang baik, berupa manajemen keuangan, kepemimpinan, dan administrasi negara,” ujar Hermanto.

Dalam hal ini pula, menurut Hermanto, perangkat desa dituntut untuk mengutamakan pelayanan kepada masyarakat serta mampu melibatkan masyarakat dalam pemerintahan desa.

“Selain itu harus mampu meningkatkan tata kelola pemerintahan desa yang baik serta profesional, selalu mengedepankan pelayanan kepada masyarakat, bisa meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pemerintahan desa,” kata Hermanto.

Sementara itu Camat Sengah Temila, Emilius, sangat berharap agar Kades dan para Ketua BPD setelah mengikuti sosialisai ini supaya dapat memahami dan berpedoman dengan peraturan perundang-undangan yg telah ada.

"Saya berpesan kepada seluruh Kades dan BPD Kecamatan Sengah Temila dalam melaksanakan segala kegiatan jangan sampai bertolak belakang denga aturan," harap Emilius.*/

Laporan : Deckie

Bagikan :