Pangdam XII/Tanjungpura Hadiri Pembukaan PGD ke 34 di Pontianak

Pangdam XII/Tanjungpura Hadiri Pembukaan PGD ke 34 di Pontianak

Channeltujuh.com, PONTIANAK -- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab menghadiri acara pembukaan Pekan Gawai Dayak (PGD) 34 tahun 2019 di Rumah Radankng, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Yang dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji bersama Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Cornelis, ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali.

Pekan Gawai Dayak ke-34 kali ini dimeriahkan oleh 53 sanggar budaya Dayak yang ada di Kalimantan Barat, juga dimeriahkan oleh sanggar budaya dari etnis lain tidak hanya dari etnis budaya Dayak. Selain itu dihadiri juga oleh masyarakat Dayak dari manca negara.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutardmidji, dalam sambutannya mengucapkan selamat melaksanakan Gawai Dayak bagi masyarakat Dayak Kalimantan Barat.

Baca ini : Presiden Buka Secara Resmi Naik Dango ke 34 di Landak


Baca ini : Jaga Budaya dan Adat, Kabupaten Landak Jadi Sorotan Kaum Millenial

“Budaya merupakan salah satu modal dasar kita untuk maju, melalui budaya kita dapat mengenalkan negara kita ke manca negara. Olehnya akan menaikan kunjungan pariwisata ke wilayah kita sehingga akan menaikan pendapatan daerah. Untuk itulah Pekan Gawai Dayak dimasukan menjadi program tetap tahunan Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat,” kata Sutarmidji, Senin (20/5/19).

Sementara Presiden MADN Cornelis, mengharapkan kepada masyarakat suku Dayak untuk meningkatkan kemampuan diri. Terutama bagi kaum muda suku Dayak.

"Jangan hanya mengeluh gali potensi diri kalian sehingga bangsa Dayak mampu bersaing dengan suku bangsa yang lain," pungkasnya.*/


Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura

Editor : Devi Lahendra

 

Bagikan :