Gelar Operasi Pasar, Jarot Pastikan Sembako Aman

Gelar Operasi Pasar, Jarot Pastikan Sembako Aman

Channeltujuh.com, SINTANG -- Bupati Sintang, Jarot Winarno, membuka kegiatan pasar murah di Pasar Kapuas Raya, Kelurahan Menyumbung Tengah, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UMKM Kabupaten Sintang. 

Kegiatan akan dilaksanakan selama enam kali dikawasan pinggiran Sintang. Pada saat dua hari (H-2) menjelang Idulfitri Pemerintah Kabupaten Sintang berencana akan mengadakan operasi pasar daging murah. 

"Karena di mana-mana sekarang isunya harga bahan pokok itu semua naik. Daging naik, beras naik, minyak naik. Selain sembilan bahan pokok (sembako) itu hari ini juga diadakan juga elpiji murah yang 3 kilogran," kata Jarot, Senin (13/5/19)

Jarot berpendapat bahwa ada kenaikan tingkat konsumsi daging. Hal ini berpengaruh pada harga yang signifikan khususnya pada harga ayam potong. 

"Tujuan-tujuan yang mau kita capai lewat operasi pasar ini, yang pertama kita membantu masyarakat dalam pengadaan konsumsi selama bulan Ramadan dan menjelang hari raya idul Fitri. Dan yang kedua, kita mau melakukan stabilitas harga pasar. Kita mau mengerem kenaikan harga yang melonjak dengan tajam saat-saat sekarang ini," ujar Jarot. 

Orang nomor satu di Sintang itu mengatakan ada beberapa hal yang menjadi catatan pada pelaksanaan pasar murah sebelumnya, beberapa tahun yang lalu animo masyarakat terhadap daging beku itu rendah. Untuk tahun terakhir konsumsi masyarakat akan daging beku di Sintang itu meningkat cukup signifikan. 

"Artinya masyarakat udah lebih percaya pada kualitas dan kebersihan dari daging beku yang kita sediakan. Tahun ini kita tidak cuma menyediakan daging sapi beku tapi juga daging ayam beku. Pemerintah memberi subsidi untuk dua kebutuhan daging tersebut 6.000 rupiah per kilo untuk daging sapi dan 3.000 rupiah untuk daging ayam," terang Jarot.

Sementara itu Kadisperindagkop Sintang, Sudirman mengatakan bahwa pasar murah ini diadakan pada masa Ramadan dan menjelang Idulfitri 1440 Hijriah supaya harga-harga dapat terkendali. Kegiatan pasar murah hari ini akan menyediakan 16 komoditi. Mulai dari beras minyak goreng gula pasir telur termasuk sirup dan margarin. Juga daging ayam dan daging sapi beku. 

"Kami ingin memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh kebutuhan-kebutuhan pokok dengan harga yang juga terjangkau selama bulan Ramadan dan selama hari raya Idulfitri ini. Kami mengadakan ini di daerah-daerah pinggiran dan di Kecamatan sepauk, Sungai tebelian dan Dedai," jelasnya. 

Tampak hadir sejumlah pejabat perwakilan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.*/

Laporan : Sumber Humas Pemkab Sintang
Editor : Deckie

Bagikan :