Antisipasi Karhutla, Koramil Balai Riam Gelar Simulasi

Antisipasi Karhutla, Koramil Balai Riam Gelar Simulasi

Channeltujuh.com, SUKAMARA -- Dalam rangka menghadapi musim kemarau, Komando Rayon Militer (Koramil) 1014-10/Balai Riam bersama Kepolisian Sektor (Polsek) Balai Riam bersama komponen masyarakat lainnya, menggelar latihan dan simulasi Penaganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).  Simulasi penanganan Karhutla bersama unsur terkait di Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, sebagai langkah antisipasi terjadinya bencana.

Baca ini : Pastikan Persiapan Pengamanan Presiden, Pangdam Tanjungpura Terbang ke Kalteng

Komandan Distrik Militer (Dandim)  1014/Pangkalan Bun Letkol Infanteri Muchammad Roni Sulaeman, mengatakan bahwa simulasi dilakukan sebagai bentuk latihan untuk menghadapi Karhutla.

“Simulasi ini kita gelar bersama instansi terkait seperti Pemerintah Kabupaten Sukamara, jajaran Polsek Balai Riam serta pihak swasta. Sehingga apabila terjadi Karhutla dapat ditangani dengan sigap dan cepat,” terang Roni, Selasa (7/5/19).

Ditambahkan Roni, bencana tidak dapat dihentikan, akan tetapi dapat dilakukan upaya-upaya berupa penanggulangan dan antisipasi. Persiapan dini di dalam menghadapi peristiwa yang telah terjadi, maka dari itu perlunya program pelatihan sebagai dasar mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Baca ini : Lewat Dana Hibah, Kodam Tanjungpura Wujudkan 63 Desa Mandiri


Baca ini : Kalteng Quality Expo 2019, Masyarakat Serbu Stand Yonif R 631/Antang

"Tidak membakar hutan dan lahan dengan sembarangan juga merupakan antisipasi dini terjadinya bencana. Latihan penanggulangan bencana alam ini merupakan simulasi pelaksanaan hubungan antara komando dan staf terhadap, sub Satuan Tugas (Satgas) yang berada di Kodim-Kodim serta pengerahan kekuatan Komando Resor Militer (Korem) 102/Panju Panjung dan jajarannya dalam memberikan bantuan kepada pemerintah daerah guna penanggulangan akibat bencana alam," pungkas Roni.*/


Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura

Editor : Devi Lahendra


Bagikan :