Sekda Sintang Pimpin Langsung Pengambilan Sumpah 506 PNS Sintang

Sekda Sintang Pimpin Langsung Pengambilan Sumpah 506 PNS Sintang

Channeltujuh.com, SINTANG -- Sebanyak 506 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang diambil sumpah sebagai PNS, yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, pada upacara pengambilan sumpah PNS, di rumah jabatan Bupati Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Baca ini : Askiman Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2019

Dalam sambutannya, Yosepha mengatakan bahwa PNS merupakan profesi dengan tugas utamanya melayani masyarakat.

“Jadi dengan pilihan profesi tersebut, haruslah dijalankan dengan semangat, dan tekad yang teguh, komitmen yang kuat, kosisten dan konsekuen sehingga menjadi PNS yang profesional dalam melayani masyarakat,” kata Yosepha, Kamis, (3/5/19).

Menurut Yosepha, para pelayan masyarakat ini harus menjadi PNS yang melaksanakan tugas dengan baik menuju Pemerintahan yang baik.

“Utamanya peran atau fungsi birokrasi sebagai PNS yang melaksanakan tugas-tugas pemberdayaan, pembinaan dan pelayan kepada masyarakat harus  berperan sebagai garda terdepan, PNS juga sebagai ujung tombak dalam keberhasilan Good Governance,” tegasnya.

Yosepha mengatakan untuk mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang profesional, andal dan bermoral  menuju pemerintah yang baik, para PNS harus menumbuh kembangkan lima kompetensi.

“Pertama PNS harus bisa mengembangkan kompetensi dasar seperti keterampilan, pengetahuan, kedua PNS harus bisa mengembangkan kompetensi bidang seperti mampu unjuk kerja yang optimal dalam suatu jabatan tertentu, ketiga kompetensi manajerial seperti peneramapn yang dilandasi nilai kepemimpinan, keempat kompetensi sosio kultural seperti mampu beradaptasi dikehidupan sosial kemasyarakatan, dan yang kelima adalah kompetensi integritas dan moral seperti memahami kode etik,” ujar Yosepha.

Pada kesempatan tersebut, Yosepha mengingatkan kepada para PNS harus bersikap dan bertindak bijaksana dalam melayani masyarakat.

“Posisi saudara-saudara adalah melayani masyarakat, sudah bukan zamannya lagi membawa sikap arogan, peodal dan primordial, tapi harus memiliki rasa kepedulian dan empati, sehingga akan menambah kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Saya yakin para PNS yang diambil sumpah akan sanggup mengembankan amanah, untuk itu jadilah pioner, agen perubahan, yang dijiwai oleh semangat dalam melayani masyarakat, tetap netral dalam bekerja dan jadilah perekat persatuan bangsa,” pesan Yosepha.

Baca ini : Bupati Sintang Hadiri Pengajian BKMT Seluruh Sintang


Baca ini : May Day 2019, Karolin Jalan Santai Bersama Buruh

Sementara itu, secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Disiplin Pegawai dan Kesejahteraan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Sintang, Ahmad Husni mengatakan bahwa upacara pengambilan sumpah PNS diikuti para PNS yang belum diambil sumpahnya.

“Hari ini kita laksanakan upacara pengambilan sumpah janji PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang diikuti sebanyak 506 PNS, kalau diklasifikasi itu sebanyak 363 orang beragama islam, 76 orang Katolik, dan 67 orang Kristen,” jelas Husni.

Masih kata Husni, bahwa dengan telah diambilnya sumpah janji para PNS ini diharapkan dapat bekerja secara profesional.

“Sebagai pelayan masyarakat saya berharap para PNS-PNS ini dapat bekerja dengan baik dan profesional di bidangnya masing-masing”, harapnya.

Kemudian seusai melaksanakan upacara sumpah janji PNS, salah seorang PNS turut serta dalam kegiatan tersebut, Imam Harris Pratama mengungkapkan bahwa dirinya baru mengambil sumpah setelah berapa tahun jadi PNS.

“Saya TMT CPNS tahun 2015, kemudian TMT PNS tahun 2016, jadi di tahun 2019 saya baru ikut sumpah janji PNS, dalam hal ini pengambilan sumpah janji PNS bertujuan agar para kami PNS memiliki rasa kesetiaan dan ketaatan pada Pancasila, UUD 1945 dan bermental baik, bersih, jujur dan bertanggung jawab dalam tugasnya,” pungkas Imam.*/


Laporan : Sumber Humas Pemkab Sintang

Editor : Deckie


Bagikan :