Polisi Gelar Rajia Selama 14 Hari, Ini Jadwalnya

Polisi Gelar Rajia Selama 14 Hari, Ini Jadwalnya

Channeltujuh.com, PONTIANAK -- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono memimpin apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Kapuas 2019, di halaman Jananuraga, Polda Kalimantan Barat, Kota Pontianak. 

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas Kapuas 2019, serta dihadiri oleh instansi terkait serta pejabat utama Polda Kalimantan Barat.

Operasi keselamatan lalu lintas ini akan digelar serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 29 April hingga tanggal 12 Mei 2019 selama 14 hari.

Dalam amanatnya, Didi mengatakan bahwa pelaksanaan operasi ini memprioritaskan kegiatan Dikmas Lantas yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) khususnya Polisi Lalu Lintas (Polantas) dan disamping itu untuk mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya keselamatan berlalulintas.

“Operasi ini mengedepankan tindakan yang simpatik, berupa kegiatan preemtif maupun preventif kecuali pelanggaran yang fatal ataupun pelanggaran yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lainnya. Jika pelanggaran yang fatal tentunya akan dilakukan penegakan hukum, namun tetap mengedepankan tindakan yang simpatik,” kata Didi, Senin (29/4/19).

Menurut Disi, Operasi Keselamatan Lalu Lintas ini mengarah pada tujuh pelanggaran antara lain menggunakan handphone saat mengemudi, tidak menggunakan safety belt, menaikkan dan menurunkan penumpang dijalan tol, melawan arus lalu lintas, mengendarai kendaraan dibawah pengaruh alkohol, pengendaran dibawah umur, melebih batas kecepatan dan menggunakan bahu jalan.

"Sejauh ini sudah ada penurunan tren atau kejadian sebesar 26 persen sejak tahun 2018 lalu. Dengan digelarnya Operasi Keselamatan Lalu Lintas Kapuas 2019 ini diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran berlalu lintas menjelang puasa dan lebaran 2019," pungkas Didi.*/

Laporan : Sumber Humas Polda Kalbar 
Editor : Deckie

Bagikan :