Tak Ingin Petani Merugi, Pemkab Landak Dorong Petani Miliki AUTP

Tak Ingin Petani Merugi, Pemkab Landak Dorong Petani Miliki AUTP

Channeltujuh.com, NGABANG -- Pemerintah Kabupaten Landak mendorong agar para petani memiliki Asuransi Usaha Tanam Padi (AUTP) untuk melindungi usaha taninya. 

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Landak mengadakan workshop AUTP tahun 2019 oleh Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak melalui Bidang Prasarana Sarana Pertanian.

Narasumber Workshop AUTP ini langsung dari Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dan dihadiri oleh seluruh  Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kabupaten Landak serta staf DPPKP Kabupaten Landak.

Kegiatan workshop AUTP ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Evert Apat di aula DPPKP, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. 

Dalam sambutanya Evert mengatakan bahwa asuransi pertanian sangat penting bagi para petani untuk melindungi usaha taninya.

"Asuransi pertanian merupakan pengalihan resiko yang dapat memberikan ganti rugi akibat kerugian usaha tani sehingga keberlangsungan usaha tani dapat terjamin," ujar Everd, Selasa (30/4/19).

Melalui asuransi usaha pertanian sambung Evert, dapat memberikan jaminan terhadap kerusakan tanaman akibat banjir, kekeringan, serta serangan hama dan penyakit tumbuhan atau organisme penganggu tumbuhan (OPT).

"Dengan begitu para petani sudah memiki jaminan dan tidak mengalami kerugian," kata Everd.

Sementara itu Kepala Unit Pemasaran Jasindo yang juga selaku Narasumber di workshop AUTP, Langgeng, mengatakan bahwa program AUTP suda menggunakan sistem digital, yaitu program Sistem Informasi Ansuransi Pertanian (SIAP)

"Dimana nanti dimulai dari data Calon Petani Calon Lapang (CPCL) sampai dengan penyelesayai Klaim terkait di AUTP ini akan di akses melalui sistem SIAP ini," ujar Langgeng.*/

Laporan : Deckie

Bagikan :