Bupati Sintang Hadiri Pengajian BKMT Seluruh Sintang

Bupati Sintang Hadiri Pengajian BKMT Seluruh Sintang

Channeltujuh.com, SINTANG -- Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri kegiatan pengajian rutin Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) seluruh Kabupaten Sintang yang digelar oleh BKMT Al-Hikmah, di Masjid Al-Hikmah, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Jarot dalam arahannya menyampaikan pesan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, umat Islam harus instropeksi diri dan semakin mempertebal keimanan.

“Kurang lebih satu minggu lagi kita memasuki bulan Ramadhan, di perintahkan kepada kita untuk antusias, bersuka cita menyongsong bulan suci Ramadhan, karena bulan Ramadhan merupakan bulan dimana pintu syurga dibuka, bulan dimana Al-Quran diturunkan, bulan dimana satu malamnya lebih dari 1000 bulan, dan tentu kita harus siap menyongsongnya," kata Jarot, Minggu, (28/4/19).

Dalam menyongsong bulan suci Ramadhan, kata Jarot, tentunya ada beberapa hal yang harus persiapkan.

“Pertama kita siapkan rohani kita, kita bertaubat nasuha, perbanyak ibadah, sholat berjamaah, semua kita siapkan, kemudian saling bermaaf-maafan, minta maaf sama orang tua, minta maaf kepada suami, minta maaf dengan istri, anak-anak minta maaf kepada orang tua, dan minta maaf dengan saudara-saudara kita," ujar Jarot.

Dikatakan Jarot, yang kedua kita harus siap secara jasmani dalam menyongsong bulan suci Ramadhan tersebut mengingat bulan Ramadhan di jalankan sebulan penuh.

"Kita berpuasa, kemudian kita kurang tidur, fisik mesti kita siapkan," tambah Jarot.

Selain itu juga, Jarot menyampaikan bahwa dengan berpuasa maka akan membuat badan menjadi sehat.

“Kolesterol akan berkurang, tekanan darah akan berkurang karena banyak bersabar, gula darah berkurang, asam urat, mah berkurang, dan juga biasanya kalau kita banyak penyakit, dengan datangnya bulan Ramadhan penyakit kita hilang, karena kita bisa mengendalikan semuanya, termasuk kita mengendalikan pola makan kita," ungkap Jarot. 

Masih kata Jarot, bahwa dengan akan datangnya bulan suci ramadhan yang tidak lama lagi harus persiapkan diri dalam soal keuangan dan persiapan-persiapan lainnya.

“Kita persiapkan tabungan lebih uang kita untuk kita sedekah di Bulan Ramadhan, karena Allah melipat gandakan sedekah kita di Bulan Ramadhan, selain itu juga kita harus bisa mengenali bulan Ramadhan, seperti apa amalan yang baik, apa yang bisa mengurangi ibadah puasa kita, mana yang membatalkan dan mana yang tidak membatalkan puasa," kata Jarot. 

Sementara itu, Ketua BKMT Kabupaten Sintang, Maspah mengatakan bahwa kegiatan pengajian BKMT merupakan kegiatan rutin setiap empat kali dalam sebulan.

"Hari ini adalah pertemuan keempat pelaksanaan pengajian keliling BKMT Kabupaten Sintang, nanti pada tanggal 12,19,16 Mei 2019 BKMT akan melaksanakan pengajian juga pada saat bulan puasa dengan tiga kali pertemuan," jelas Maspah. 

Maspah menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh BKMT bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan.

“Kegiatan di Majelis Taklim sudah cukup baik, karena kegiatan kita merupakan majelis ilmu ilmiah dan akhirat, dengan demikian kita dapat meningkatkan wawasan dan keilmuan kita tentang islam, menguatkan iman yang berbasis pada wawasan dan pengetahuan," kata Maspah.*/

Laporan : Sumber Humas Pemkab Sintang
Editor : Deckie 

Bagikan :