Bermodal Rp 60 Juta Warga Mengkurai Bangun Masjid

Bermodal Rp 60 Juta Warga Mengkurai Bangun Masjid

Channeltujuh.com, SINTANG -- Bupati Sintang Jarot Winarno, meresmikan Masjid Darunnasihin, Kelurahan Mengkurai, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Masjid tersebut merupakan relokasi dari bangunan lama yang di bangun sejak 2014 lalu.

Hadir dalam acara tersebut Kasat Binmas Polres Sintang, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sintang, Lurah Mengkurai, Ustad Hedi, serta puluhan warga Kelurahan Mengkurai

Baca ini : Ini Cara Pemkab Sintang Bangun Sektor Pertanian

Jarot dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat memberikan apresiasi yang luar biasa karena diresmikannya Masjid Darunnasihin, terlebih anggaran awal pembangunan masjid itu hanya sekitar Rp 60 juta. Dan bantuan dari para donator serta sumbangan dari para warga Kelurahan Mengkurai.

“Dengan telah di resmikan Masjid Darunnasihin, saya ingatkan ada 3 trilogi fungsi masjid di bangun seperti adanya serambi dalam, serambi luar dan halaman masjid yang juga menjadi serambi. Serambi dalam untuk ibadah mahdah seperti shalat dengan makmurkan masjid shalat berjamaah, mengaji, sholawat, i’tikaf dan ibadah mahdah lainnya. sementara serambi luar untuk pergerakan umat seperti untuk berkumpul untuk kemaslahatan umat, untuk anak-anak pendidikan, ibu-ibu majelis ta’lim dan kegiatan pergerakan umat lainnya, dan serambi luar juga bisa kita gunakan untuk berbagai kegiatan umat seperti pemberdayaan ekonomi umat, jadi ketiganya harus di fungsikan sesuai dengan fungsinya,” jelas Jarot, Jumat (26/4/19).

Dengan telah di resmikannya Masjid Darunnasihin, lanjut Jarot mengajak, umat muslim di Kelurahan Mengkurai agar selalu mamakmurkannya, karena masjid tidak hanya di bangun megah tapi harus di makmurkan melalui kegiatan ibadah shalat lima waktu dan kegiatan ibadah lainya terlebih tidak lama lagi umat Islam akan menyongsong Bulan Suci Ramadhan.

Baca ini : Di Usia ke 20 Pemkab Bengkayang, Gidot Teken MoU dengan Aksamaraya


Baca ini : KPK Bentuk Korsupgah di Kalbar, ini Tanggapan Bupati Landak

“Jadi tugas kita memakmurkan masjid ini, Insya Allah dengan telah di relokasi masjid ini bisa memperkuat kesatuan dan persatuan umat,” kata Jarot.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan peresmian relokasi Masjid Darunnasihin, Asmawi, mengatakan masjid tersebut merupakan relokasi bangunan awal yang terletak di depan bangunan masjid baru yang di bangun sejak 2014 lalu dengan modal awal sekitar Rp 60 juta dari khas masjid.

“Pembangunan kembali masjid ini kami hanya modal nekat saja, karena khas masjid kami saat itu sekitar Rp 60 juta, kami berpikir ada uang atau tidak ada uang kami kerjakan, itulah modal semangat warga sehingga masjid kami ini sudah bisa di resmikan meskipun belum semua selesai di beberapa bagian,” ujar Asmawi.*/


Laporan : Sumber Humas Pemkab Sintang

Editor : Deckie


Bagikan :