Ini Cara Pemkab Sintang Bangun Sektor Pertanian

Ini Cara Pemkab Sintang Bangun Sektor Pertanian

Channeltujuh.com, SINTANG -- Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka kegiatan pertemuan penyusunan programa penyuluh pertanian tahun 2020 yang dilaksanakan di ruang pertemuan Botani, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Pada kesempatan tersebut Jarot juga menyerahkan piagam penghargaan kepada ketiga petani berprestasi dan menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Dinas Pertanian dan Perkebunan dengan Universitas Kapuas Fakultas Pertanian khusus bidang penyuluh pertanian. 

Dalam sambutannya Jarot mengatakan bahwa di Kabupaten Sintang ada masalah terhadap program pertanian yang belum terintegrasi. 

“Satu yang kita temukan yaitu belum terintegrasinya program Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pemerintah dan berbagai sektor, yang dikeluhkan oleh para petani itu pembangunan tidak sesuai dengan kebutuhan, jadi program kita banyak belum terintegrasi dengan baik, sehingga ditingkat bawah juga akan mengikutinya," kata Jarot, Jumat (26/4/19). 

Maka dari itu, sambung Jarot, kegiatan ini penting dilaksanakan guna membicarakan programa penyuluh pertanian untuk tahun 2020.

“Tahapan dari penyusunan perencanaan penyuluh pertanian ini dilakukan dari tingkat desa, tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten yang dilaksanakan pada hari ini," sambung Jarot.

Jarot juga memberikan apresiasi kepada para penyuluh pertanian yang sudah bekerja maksimal terhadap pendampingan kepada para petani.

"Teman-teman penyuluh pertanian ini sangat luar biasa, dengan segala keterbatasan yang dimiliki, mereka mampu mendampingi para petani, saya senang agar mereka para petani dapat belajar, dengan didampingi oleh penyuluh pertanian," kata Jarot.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Veronica Ancili mengatakan bahwa kegiatan programa penyuluh pertanian tingkat Kabupaten Sintang untuk mencapai target yang ditetapkan.

"Tujuan kita selenggarakan kegiatan ini dalam rangka mendukung penyelenggaraan pembangunan pertanian agar kita dapat mencapai target yang telah ditetapkan," jelas Veronica. 

Selain itu juga, Veronica menambahkan tujuannya agar dapat menyediakan peran dalam penyelenggaraan penyuluh pertanian.

“Dari kegiatan ni nantinya dapat memberikan pedoman bagi penyuluh pertanian dalam rencana kerja para penyuluh," pungkasnya.*/

Laporan : Sumber Humas Pemkab Sintang
Editor : Deckie

Bagikan :