Hadiri Musrenbang Tingkat Provinsi, ini Harapan Bupati Landak

Hadiri Musrenbang Tingkat Provinsi, ini Harapan Bupati Landak

Channeltujuh.com, PONTIANAK -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan di Qubu Resort, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis 11 April 2019.

Baca ini : Kekurangan Surat Suara, ini Tanggapan Ketua KPU Landak

Musrenbang menghadirkan perwakilan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Sedangkan peserta yang hadir yaitu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Barat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kalimantan Barat, pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, unsur pimpinan instansi vertikal, Bupati maupun Walikota seluruh Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh masyarakat, pimpinan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) serta akademisi.

Musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Barat tahun 2020. Sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 Tentang sistem perencanaan pembangunan nasional mewajibkan pemerintah daerah untuk menyusun RKPD yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan daerah satu tahun kedepan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Landak, Karolin Margret Natasa menegaskan Musrenbang ditingkat provinsi sangat penting dilaksanakan untuk menyelaraskan perencanaan pembangunan dari tingkat pemerintah kabupaten dan kota, pemerintah provinsi, dengan pemerintah pusat.

“Musrenbang memang kita laksanakan untuk menyelaraskan arah pembangunan di tahun 2020 mendatang antar pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten maupun kota untuk bisa mencapai target-target pembangunan yang diusulkan,” kata Karolin.

Menurut Karolin apa yang menjadi target pembangunan ditingkat provinsi juga merupakan pembangunan yang akan slalu dilakukan oleh pemerintah kabupaten.


Baca ini : Wujudkan Pembangunan di Kalbar, Pemerintah Gandeng Solidaridad


Baca ini : Bermuara dari Korpri, Pemkab Landak Inginkan ASN Profesional 

“Saya rasa apa yang menjadi target-target dari pemerintah provinsi juga merupakan target-target yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Landak kedepan mulai dari target pengentasan kemiskinan, target pembangunan infrastruktur, dan target pembangunan manusia,”ujar Karolin.

Hal senada juga disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji  bahwa Musrenbang ini dilakukan untuk menyelaraskan program-program pembangunan daerah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi.

“Musrenbang RKPD merupakan upaya penyelarasan program-program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan yang mampu menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat,” jelas Sutarmidji.

Menurut Sutarmidji program pembangunan daerah prioritas yang akan dilaksanakan di tahun 2020 lebih mengedepankan pembangunan infrastruktur, meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah, dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Target perencanaan pembangunan yang akan kita lakukan tahun 2020 mendatang lebih pada percepatan pemerataan infrastruktur dasar dan aksesibilitas antar wilayah dalam rangka percepatan mewujudkan desa mandiri, serta membangun Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) unggulan,” tukas Sutarmidji.*/


Laporan : Decki


Bagikan :