Satgas Raider 613/Rja Tanam 650 Bibit Mangrove, di Ujung Sebatik

Satgas Raider 613/Rja Tanam 650 Bibit Mangrove, di Ujung Sebatik

Channeltujuh.com, SAMARINDA -- Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia - Malaysia Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 613/Raja Alam (Rja) bersama dengan anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 0911-02/Sebatik, aparat desa, perwakilan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), karang taruna, para pelajar Sekolah Dasar (SD) Negeri 003 Sebatik Timur serta masyarakat Sebatik, melaksanakan kegiatan penanaman bibit mangrove di sekitar Pantai Sungai Bajo, Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur.

Komandan SSK I Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Rja, Kapten Infanteri Roy Satrya Pasaribu menjelaskan tujuan kegiatan penanaman bibit mangrove disamping untuk memperkokoh kemanunggalan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan masyarakat, juga untuk memupuk kerja sama serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap kelestarian lingkungan khususnya di wilayah pesisir pantai Desa Tanjung Aru.

“Saat ini kami selaku aparat TNI yang bertugas menjaga perbatasan RI-Malaysia khususnya di wilayah Sebatik bersama dengan masyarakat terus berupaya untuk merehabilitasi wilayah yang terdampak abrasi serta melestarikan lingkungan dengan cara menanam 650 pohon mangrove dengan tujuan mencegah terus terjadinya abrasi, " jelas Roy, Kamis (7/3/19).

Selain untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, lanjut Roy mengatakan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendidik para pelajar SDN 003 Sebatik Timur tentang manfaat dan pentingnya hutan mangrove bagi kehidupan.

"Kita bersukur kegiatan kita ini sangat di dukung oleh aparat desa dan seluruh elemen masyarakat di wilayah pesisir pantai Desa Tanjung Aru. Dari kegiatan ini kita berharap ke depannya bibit mangrove yang saat ini ditanam dapat tumbuh dan terjaga dengan baik sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat khususnya di wilayah pesisir pantai Desa Tanjung Aru, Sebatik," pungkas Roy.*/


Laporan : Sumber Penrem 091/Aji Surya Natakesuma

Editor : Devi Lahendra


Bagikan :