UNBK SMP 2019, Bupati Landak Pastikan Landak Siap 100 Persen

UNBK SMP 2019, Bupati Landak Pastikan Landak Siap 100 Persen

Channeltujuh.com, NGABANG -- Bupati Landak, Karolin Margret Natasa memastikan penyelenggaraan ujian nasional di seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Landak berbasis komputer. 

Sejak dilantik menjadi Bupati Landak, bidang pendidikan merupakan salah satu prioritas Karolin untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di Kabupaten Landak.

"Harapan kita tahun ini semua SMP di Kabupaten Landak bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," kata Karolin, pada channeltujuh.com, di Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Rabu (27/2/19).

Baca Ini : Hadiri Kemah Revolusi Mental, Menko PMK Ajak Kaum Muda Landak Kejar Cita-cita


Baca Ini : Puan Maharani Akui Kemah Revolusi Mental di Landak Terbaik di Indonesia

Senada dengan Bupati Landak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Aspansius mengatakan saat ini sudah dilaksanakan sosialisasi ke 106 SMP yang akan menyelenggarakan ujian akhir. 

"Sosialisasi tersebut diantaranya sosialisasi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kepada Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) seluruh Kabupaten Landak yang dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Rabu kemarin, " terang Aspansius.

Peserta yang hadir dalam sosialisasi sebanyak 106 orang yang merupakan Kepala SMP Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Landak. Aspansius mengungkapkan, ujian yang akan diselenggarakan tahun ini meliputi dua tahap yang harus dilalui yaitu USBN dan UNBK.

“Kita sudah sepakat Kabupaten Landak akan melaksanakan UNBK, oleh karena itu mohon kepada bapak ibu untuk mempersiapkan semuanya mulai dari kepastian peserta ujian harus sudah masuk pada Daftar Nominatif Tetap (DNT)," ujar Aspansius.

Baca Ini : Pangdam Tanjungpura Hadiri Pembukaan Kemah Revolusi Mental di Landak

Terkait dengan soal USBN, Aspansius mengimbau para kepala Sekolah agar dapat menyusun soal ujian dengan baik.

"Petugas penyusun soal harus paham dengan kaidah penulisan soal, dalam menyusun soal harus berpedoman pada Kartu Soal yang bersisi kisi-kisi/indikator, butir soal dan kuci jawaban yang benar," imbau Aspansius.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Kabupaten Landak, Solamin mengimbau agar Kepala Sekolah yang hadir untuk mengecek kembali dan memastikan sarana dan prasarana untuk ujian telah siap.

"Karena ujian yang akan diselenggarakan berbasis komputer maka sarana dan prasarana yang menjadi perhatian kita, pastikan tempat penyelenggaraan ujian ada, dan fasilitas komputer beserta jaringan internetnya harus sudah siap agar pelaksanaan ujian dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Untuk jadwal pelaksanaan USBN akan diselenggarakan pada tanggal 8 sampai dengan 12 April 2019 mendatang. Sedangkan untuk UNBK akan diselenggarakan pada 22 sampai dengan 25 April 2019," tukas Solamin.*/


Laporan : Deckie


Bagikan :