Sintang Memanas, TNI Jaga Ketat Kantor KPU Sintang

Sintang Memanas, TNI Jaga Ketat Kantor KPU Sintang

Channeltujuh.com, SINTANG -- Bentrok antara massa pendemo dengan pasukan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) dari personel Komando Distrik Militer (Kodim) 1205/Sintang, Batalyon Infanteri (Yonif) 642/Kapuas dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) terjadi di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Kamis 14 Februari 2019.

Diketahui bahwa puluhan massa menggelar demo karena ketidakpuasan atas kinerja KPU Kabupaten Sintang yang dinilai tidak netral dalam penyelenggaran Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Kabupaten Sintang.

Dari aksi tersebut massa terus memaksa masuk untuk menemui Komisioner KPU Sintang namun ditahan oleh personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang melakukan pengamanan. Bahkan massa sempat berteriak agar KPU dibubarkan. 

Mengantisipasi aksi massa yang semakin tidak terkendali, personel TNI yang melakukan pengamanan memukul mundur. Massa berusaha menembus blokade petugas dengan tindakan- tindakan brutal dan anarkhis. Namun berkat kesigapan dari personel TNI massa berhasil dibubarkan.

Situasi ini sendiri merupakan simulasi dalam upaya pengamanan oleh personel TNI khususnya Kodim 1205/Sintang dan Batalyon Infanteri 642/Kapuas jika dalam Pilpres dan Pileg 2019 terjadi tindakan demo dan aksi unjuk rasa.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1205/Sintang, Letnan Kolonel Infanteri Rahmat Basuki dalam keterangan persnya menjelaskan, kegiatan latihan tersebut merupakan rangkaian latihan dalam rangka kesiapan untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam rangka pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di wilayah Kodim 1205/Sintang.

"Hal ini perlu kita latihkan untuk membiasakan prajurit menghadapi dinamika dilapangan dalam penugasan, lebih baik kita siap tidak dipakai dari pada tidak siap saat dipakai," tegas Rahmat.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :