Jaga Kearifan Lokal Desa Beginci Darat, Kodim 1203/Ketapang Gelar Ritual Adat

Jaga Kearifan Lokal Desa Beginci Darat, Kodim 1203/Ketapang Gelar Ritual Adat

Channeltujuh.com, KETAPANG -- Jelang pelaksanaan karya bakti pembukaan akses jalan yang menghubungkan Desa Batu Lapis dengan Desa Beginci Darat, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. 

Komando Distrik Militer (Kodim) 1203/Ketapang bersama warga menggelar ritual adat dan doa bersama untuk melakukan persiapan pelaksanaan karya bakti.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1203/Ketapang, Letnan Kolonel Kav Jami'an mengatajan pelaksanaan ritual adat dan doa bersama tersebut dimaksudkan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menjaga kearifan lokal agar selama pelaksanaan karya bakti dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi rakyat.

"Melalui acara adat ini kita memohon agar diberikan keselamatan bagi personel maupun alat selama dalam pengerjaan pembukaan jalan," terang Jami'an, di Ketapang, Jumat (8/2/19).

Baca Ini : Belasan Anggota Satlantas Polres Landak, Datangi Yonarmed 16/Kmp


Baca Ini : Demi Rakyat, Personel Kodim Ketapang Rela Masuk Hutan Puluhan Kilo

Dikatakan Jami'an bahwa karya bakti pembukaan jalan dalam rangka membuka daerah terisolir Desa Beginci Darat akan dimulai esok hari (Minggu-red).

"Ritual adat ini digelar di titik nol rencana pembukaan jalan di Desa Batu Lapis menuju ke Desa Beginci Darat. Yang dipimpin oleh Demung adat Desa Batu Lapis Bapak Deka diikuti oleh personel Kodim 1203/Ketapang serta masyarakat Desa Batu Lapis dan Desa Beginci Darat. Dalam acara tersebut dilakukan tepung tawar terhadap alat kerja dan seluruh personel yang akan melaksanakan pekerjaan pembukaan jalan,"pungkas Jami'an.*/


Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura

Editor : Devi Lahendra


Bagikan :