Karena Alasan Ini, KPU dan Bawaslu Bengkayang Datangi Rutan Kelas IIb Bengkayang

Karena Alasan Ini, KPU dan Bawaslu Bengkayang Datangi Rutan Kelas IIb Bengkayang

Channeltujuh.com, BENGKAYANG -- Kurang dari dua bulan lagi pesta demokrasi akan di gelar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkayang melakukan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 untuk tahanan yang di laksanakan di aula Rumah Tahanan (Rutan) Kelas Dua B Bengkayang, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Sosialisasi Pemilu serentak diikuti sebanyak  220 warga binaan dan Kepala Rutan Kelas Dua B Bengkayang, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bengkayang Yopi Cahyono, beserta Panwascam Kecamatan Lumar. 

Sosialisasi dengan metode tatap muka ini dilakukan mengingat warga binaan Rutan dan pegawai Rutan juga mempunyai hak pilih yang harus diakomodir sesuai peraturan perundang-undangan.

Dalam sosialisasi ini yang di sampaikan warga binaan berhak mengetahui jenis-jenis surat suara yang terdiri dari Lima jenis warna. Desain kotak suara, lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), cara mencoblos termasuk calon legislatif baik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten, DPRD provinsi, DRPR RI, calon presiden dan wakil presiden serta Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Ketua KPU Kabupaten Bengkayang, Musa Jairani mengatakan, sebanyak 221 warga binaan dan pegawai Rutan yang mayoritas warga dari luar Kecamatan Lumar bahkan warga luar Kabupaten Bengkayang ikut serta pada kegiatan tersebut. 

"Tujuan dari sosialisasi ini agar warga binaan dan pegawai rutan paham aturan pindah memilih dan hak pilih serta jenis surat suara yang akan digunakan oleh masing-masing pemilih sesuai dengan daerah asalnya," ujar Musa, di Bengkayang, Jumat (8/2/19). 

Musa berharap, melalui sosialisasi tersebut hak politik bagi warga binaan bisa terpenuhi pada Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang. 

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bengkayang, Yopi Cahyono mengatakan Bawaslu turut andil dalam sosialisasi ini. Karena penting sekali sosialisasi ini dilakukan, karena dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan para penghuni Rutan kelas dua B di dusun Mabak, Kecamatan Lumar.

"Saya sebagai narasumber untuk melakukan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 kepada warga binaan agar mereka tahu bahwa warga binaan juga punya hak politik," ungkap Yopi. 

Yopi  menyampaikan terimakasih kasih kepada Kepala Rumah Tahanan Kelas II B Bengkayang karena memfasilitasi KPU dan Bawaslu Kabupaten Bengkayang dalam mensosialisasikan langsung penyelenggaraan Pemilu 2019 di ruang tahanan .

"Saya senang karena warga binaan Rutan Kelas II B Bengkayang antusias mendengar dan bertanya terkait Pemilu 2019 itu artinya bisa mengenjot partisipasi pemilih pada pemilu serentak 17 April 2019 mendatang," pungkas Yopi.*/


Laporan : Stefaro

Editor : Deckie


Bagikan :