Gubernur Kalbar, Tinjau Asrama Pelajar Tak Layak Huni yang Viral di Medsos

Gubernur Kalbar, Tinjau Asrama Pelajar Tak Layak Huni yang Viral di Medsos

Channeltujuh.com, BENGKAYANG -- Dalam kunjungan kerjanya ke wilayah utara Kalimantan Barat (Kalbar), Gubernur Kalbar, Sutarmidji, meninjau langsung pondok (asrama) pelajar yang tak layak huni di Desa Sempayuk, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang, yang sempat viral medio 26 Januari 2019 lalu. 

Meninjau langsung lokasi pondok pelajar, Sutarmidji didampingi langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkayang, Camat Bengkayang, Kepala Desa Sempayuk, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang. 

Tak hanya melihat kondisi pondok pelajar, Sutarmidji juga melihat langsung kondisi pelajar yang ada di lokasi tersebut. 

"Jujur saya rasa simpati, bahkan ingin menangis melihat kondisi pondok secara langsung. Setelah saya melihat kondisi di dalam pondok, suasananya gelap dan sempit, bahkan ada piring berisi nasi dalam keadaan sudah basi, jelas kondisi ini sangat memprihatinkan," tutur Sutarmidji, pada sejumlah wartawan, Sabtu (2/2/19).

Sejatinya tak hanya meninjau pondok pelajar, Sutarmidji juga meminta agar asrama pelajar segera dibangun di sekitar sekolah. Menurut Sutarmidji pondok yang sebelumnya memang sudah tidak layak huni.

"Saya perintahkan Kepala Dinas Pekerjan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalbar supaya merealisasikan pembangunan jalan sekitar seratus meter lebih dari jalan nasional untuk menuju pondok siswa. Pembangunannya saya minta dalam waktu dua bulan harus selesai," tegas Sutarmidji. 

Dikatakan Sutarmidji, dirinya mengapresiasi semangat para siswa di Sempayuk, yang memiliki kemauan kuat untuk bersekolah. 

''Mereka hebat, walaupun mereka harus tinggal ditempat yang tak layak untuk ditinggali, namun demi pendidikan, mereka tetap semangat meskipun harus tinggal di pondok yang tak layak huni,'' ucap Sutarmidji. 

Tak hanya meninjau pondok pelajar, dalam kunkernya di Sempayuk, Sutarmidji juga membagikan peralatan sekolah. 

"Semoga peralatan sekolah seperti pulpen dan buku, yang saya bagikan hari ini dapat bermanfaat. Untuk sepatu akan menyusul, " kata Sutarmidji, disela-sela membagikan peralatan sekolah pada siswa di Sempayuk. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Yan menyambut baik kedatangan Gubenur Kalbar untuk meninjau langsung pondok pelajar yang viral di media sosial (Medsos) maupun di pemberitaan. 

"Saya menyambut positif, viralnya pondok pelajar di daerah kami ini. Dalam hal ini Bupati sudah menggelar rapat bersama seluruh unsur terkait, untuk membahas langkah-langkah yang akan diambil untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Ya kita bersukur Gubernur sudah memberikan angin segar, untuk membantu pembuatan asrama. Karena selama ini kita masih terkendala pada keterbatasan dana, sehingga belum bisa membangun secara merata," pungkas Yan.*/


Laporan : Stefaro

Editor : Deckie


Bagikan :