Di Dies Natalis SMK 1 Sintang, Nama Jarot Meroket

Di Dies Natalis SMK 1 Sintang, Nama Jarot Meroket

Channeltujuh.com, SINTANG -- Bupati Kabupaten Sintang Jarot Winarno, menghadiri Dies Natalis ke - 20 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sintang, Sungai Tebelian Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, yang turut di hadiri Ketua Dewan Perwakina Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, serta pihak terkait lainnya.

Dalam sambutannya Jarot mengatakan pentingnya keberadaan SMK saaat ini, pasalnya sejalan dengan telah diterbitkanya Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM).

“Mulai dari Presiden, Gubernur sampai Bupati memberikan perhatian sepenuhnya kepada pendidikan kejuruan, jadi betapa pentingnya posisi kalian semua anak murid SMK, betapa pentingnya para pendidik, para alumni SMKN 1 Sintang khususnya, ” ucap Jarot, Senin (29/1/18).

Jarot menjelaskan, hal yang harus dilakukan revitalisasi SMK khususnya SMKN 1 Sintang  yakni seluruh murid, pendidik, alumni harus menentukan peta pengembangan SMK 1 dengan merumuskan sama-sama, di kelola sedemikian rupa sehingga pendidikan  SMK 1 Sintang bisa sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, dunia usaha serta dunia industri.

“Kita didik sesuai kebutuhan yang ada di Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi dan Kalimantan Barat umumnya, kerja sama dengan pemerintah dan tempat industru-industri yang ada di Sintang, ” kata Jarot.

Selain itu juga, Jarot mengingatkan bahwa ada tiga tahapan yang harus di lalui untuk jadi bangsa pemenang yang pertama adalah masyarakat ekonomi asean, bonus demografi tahun 2020-2040.

“Kita menuju SMK rujukan nasional sertivikasi oleh Badan Sertivikasi Nasional tentunya di jamin kualitas anak-anak SMK Negeri 1 Sintang dan akan bisa bersaing dalam masyarakat ekonomi asean. Sehingga SMK di revitalisasi, sejalan dengan pesan Presiden Jokowi agar kita perbanyak pendidikan pokasi yang memuluskan anak-anak murid untuk siap bekerja, kalau perlu pendidikan di daerah itu 65 persen yang pokasi SMK sisanya 35 persen yang umum, ” papar Jarot.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sintang Maria Victoria mengtakan kegiatan Dies Natalis tersebut merupakan kali kedua di laksanakan dan untuk ketemu alumni atau deklarasi alumni merupakan moment pertama kali dilaksanakan.

“Suatu kerinduan bagi alumni, bagi dewan guru yang sudah di pimpin oleh lima Kepala Sekolah, mereka mengatakan ke saya, sehingga saya merasakan penting dies natalis ke-20 ini di laksanakan, ” kata Maria.

Maria menjelaskan bahwa SMKN 1 Sintang awal di bangun dahulu hanya memiliki tujuh ruang belajar, sekarang sudah memiliki 49 ruang belajar.

“Awalnya hanya dua juruan dan sekarang sudah 13 jurusan dan dengan jumlah siswa 2.149 orang, ” jelas Maria.*/

 

Laporan : Sumber Humas Pemkab Sintang

Editor : Deckie

Bagikan :