Karena Alasan Ini, Sekda Sintang Kumpulkan Semua OPD

Karena Alasan Ini, Sekda Sintang Kumpulkan Semua OPD

Channeltujuh.com, SINTANG -- Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, membuka rapat Rekonsiliasi Dan Evaluasi Penerimaan Daerah Kabupaten Sintang Triwulan IV Tahun Anggaran 2017 yang turut di hadiri Asisten III Setretariat Daerah Kabupaten Sintang, unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sintang dan unsur terkait lainnya, rapat di gelar di aula Kantor Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah mengatakan Rekonsiliasi dan Evaluasi Penerimaan Daerah Kabupaten Sintang Triwulan IV Tahun Anggaran 2017 merupakan suatu wadah koordinasi, konsultasi dan pembinaan kinerja pengelolaan pendapatan daerah selama satu tahun berjalan.

“Kinerja pengelolaan pendapatan daerah perlu di tingkat terus menerus khususnya pendapatan asli daerah atau PAD sebagai indikator kemampuan keuangan daerah dalam upaya mewujudkan kemandirian daerah, khususnya di Kabupaten Sintang, ” tgas Yosepha, Kamis  (25/1/18).

Dikatakan Yosepha, pemerintah daerah di tuntut kemampuannya untuk mengefektifkan potensi penerimaan PAD secara terencana dan bertahap untuk mengurangi ketergantungan absolut kepada pemerintah pusat.

“Kemandirian keuangan daerah menjadi bagian penting dalam RPJMD Kabupaten Sintang Tahun 2016-2021 sebagai mana yang tertuang dalam visi dan misi yakni menata dan mengembangkan manajemen pemerintah daerah yang sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, ” jelas Yosepha.

Untuk memaksimalkan potensi daerah dan pajak daerah, lanjut Yosepha mengatakan, maka diperlukan dukungan yang memadai dari berbagai aspek baik aspek rancangan SOTK, aspek SDM, aspek keuangan, maupu aspek prasarana dan sarana, peralatan dan perlengkapan kerja yang sesuai dengan keperluan.

“Apalagi saat ini masih tingginya ketergantungan APBD terhadap APBN maka tidak semua aspek-aspek tersebut dapat segera di penuhi, hal itu perlu kesadaran dan pemahaman kita bersama agar tetap melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing secara efektif dan efisien, “ pungkas Yosepha.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang Mas’ud Nawawi mengatakan tujuan dari evaluasi tersebut adalah untuk mengetahui keterangan-keterangan dari para OPD sehingga apa yang menjadi evaluasi dapat di tentukan secara jelas.

“Dalam rapat ini kendala dan hambatan juga perlu di sampaikan OPD, guna mencapai upaya perumusan yang lebih intesifikasi , ” kata Mas’ud.

Lebih jauh Mas’ud mengatakan target penerimaan pendapatan daerah Kabupaten Sintang Triwulan I sampai dengan IV tahun anggaran 2017 jumlah penerimaan daerah sebesar Rp. 1.888.845.541.066,12 dan realisasinya sebesar Rp. 1.882.573.951.784,73 atau 99,67 persen.

“untuk PAD di targetkan sebesar 106.654.143.066,12 dan yang terealisasi sebesar Rp. 113.600.115.641,98 atau 106,51 persen, ” jelas Mas’ud.*/

 

Laporan : Sumber Humas Pemkab Sintang

Editor : Deckie

 

Bagikan :