Rayakan Natal Oikumene, Jarot Dapat Kue Ultah

Rayakan Natal Oikumene, Jarot Dapat Kue Ultah

Channeltujuh.com, SINTANG -- Bupati Sintang Jarot Winarno, menghadiri langsung Natal Oikoumene Pemerintah Kabupaten Sintang dengan tema Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu (kolose 3:15) yang berlangsung di Gedung Pancasila Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Yang juga di hadiri unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Sultan Sintang, serta ribuan umat Kristiani Kabupaten Sintang.

Dalam sambutanya, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan perayaan Natal merupakan kilas balik bagi umat Kristiani mengingat kembali kelahiran Yesus Kristus, menurutnya esensi kelahiran yang paling tinggi bukanlah kelahiran fisik, melainkan kelahiran pada aspek psikis atau sikap mental bagi umat Kristiani.

“Natal adalah lahirnya keyakinan, pemahaman, sikap dan perilaku untuk teguh memperjuangkan kebenaran keselamatan dan kedamaian yang diajarkan Yesus Kristus dalam kehidupan sosial dan semua itu dapat kita jabarkan di dalam kehidupan kita sehari-hari yang penuh dengan dinamiika keberagaman, ” kata Jarot, Selasa (23/1/18) malam.

Dikatakan Jarot, dari pemahatan tersebut di atas dapat kita terjemahkan tema Natal tahun 2017 yakni Hendaklah Damai Kristus Memerintah Dalam Hatimu.

“Yesus Kristus memerintahlan setiap umat Kristiani untuk menyemai kedamaian bagi umat manusia, untuk itu setiap pribadi Kristiani harus sanggup mendamaikan diri sendiri, mendamaikan diri dengan orang lain dari nafsu untuk bermusuhan dan saling membenci, ” ucap Jarot.

Lebih jauh Jarot mengingatkan agar umat Kristiani di Kabupaten Sintang, dapat menjaga kedamaian dalam menyongsong tahun Pilkada serentak 2018, terutama pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat.

“Mari kita berpartisipasi aktif menjadi pemilih yang cerdas, kita jaga situasi aman, damai dan kondusif. Proses dukungan dalam pilkada tetapi jangan membuat kita saling bermusuhan sesama anak bangsa, “ pesan Jarot.

Disela-sela acara usai menyampaikan sambutan, Bupati Sintang Jarot Winarno mendapat kejutan kue ulang tahun dari panitia kegiatan Natal Oikoumene Pemerintah Kabupaten Sintang tahun 2018, mengingat Senin 22 januari 2018 lalu orang nomor satu di Kabupaten Sintang tersebut telah meninjak usia ke - 58 tahun.

Sementara itu, Ketua Panitia Natal Oikoumene Pemerintah Kabupaten Sintang, Kartiyus yang juga merupakan Kepala Bappeda Kabupaten Sintang mengatakan perayaan Natal Oikoumene  merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan di Kabupaten Sintang bertujuan memperingati kelahiran Tuhan Yesus Kristus yang telah lahir lebih kurang ribuan tahun yang lalu seperti yang telah di tetapkan para pendiri Gereja di seluruh dunia.

“Dari perayaan Natal Oikumene ini agar dapat meningkatkan kesadaran dan keimanan umat Kristiani supaya lebih memahami arti pengorbanan Yesus Kristus di dunia ini, ” ucap Kkartiyus.

Lanjut Kartius mengnegaskan agar umat Kristiani lebih mendekatkan diri dan berprilaku baik seperti keteladanan yang di sampaikan oleh Yesus Kristus.

“Untuk mempertebal rasa keimanan kepada tuhan Yesus Kristius dan memperkokoh rasa persatuan kesatuan antar sesama umat khususnya di Kabupaten Sintang, mari kita jaga perdamaian antar agama maupun suku, ” pungkas Kartiyus.*/

 

Laporan : Sumber Humas Pemkab Sintang

Editor : Deckie

Bagikan :