Enam Juara Lomba Tari Puisi, Raih Tiket ke Jakarta

Enam Juara Lomba Tari Puisi, Raih Tiket ke Jakarta

Channeltujuh.com, PONTIANAK -- Tari nyiruk yang ditampilkan oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Kota Pontianak dibawah bimbingan Komando Distrik Militer (Kodim) 1207/Berdiri Sendiri, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, berhasil menduduki juara pertama dalam ajang lomba tari daerah dan cipta baca puisi tingkat Komando Daerah Militer (Kodam) XII Tanjungpura.

Sejatinya ajang bergengsi tahunan ini tidak hanya mengunggulkan seni tari dalam perlombaan, namun ketangkasan para siswa dalam menciptakan serta membaca puisi justru menjadi tantangan guna menciptakan generasi muda yang cerdas dalam berkarya. 

"Ini adalah final lomba tari daerah dan cipta baca puisi tingkat Kodam XII Tanjungpura. Peserta merupakan para pemenang dari seleksi tingkat Kodim dibawah payung Komando Resort Militer (Korem) 121 Alambhana Wanawai dan Korem 102 Panju Panjung. Ada sebanyak enam tim tari daerah yang masuk final dan enam orang siswa yang masuk dalam final cipta baca puisi, selanjutnya mengerucut masing-masing kategori terpilih tiga pemenang", terang Aster Kasdam XII Tanjungpura, Kolonel Arh Jama'ah, pada channeltujuh.com, saat menghadiri final lomba tari daerah dan cipta puisi di Taman Budaya Pontianak, Minggu (24/9/17).

Bonus hadiah yang diberikan kepada para pemenang, lanjut Jama'ah mengatakan tidak hanya berupa piala, sertifikat serta uang pembinaan. Namun seluruh pemenang akan dibawa ke Jakarta bersama para anak asuh TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) guna menghadiri acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 72 yang akan digelar di Cilegon.

"Karen kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI kepada masyarakat, dari sini kita juga berharap dapat melahirkan generasi bangsa yang berjiwa nasionalisme tinggi. Dan sesuai dengan intruksi Panglima TNI, para pemenang akan kita bawa ke Jakarta bersama seluruh anak asuh TMMD, mereka akan mengikuti gelar wisata nusantara yang bergabung dengan seluruh anak dari masing-masing Kodam di seluruh Indonesial", jelas Jama'ah.

Ditempat yang sama, Cecep S.Ob yang juga merupakan seniman ternama di Kalimantan Barat, mengapresiasi apa yang telah dilakukan TNI dengan menggelar perlombaan tari daerah serta lomba cipta baca puisi tingkat pelajar.

"Kita semua tau bahwa saat ini pengaruh budaya luar sangat kental dikalangan remaja, terutama bagi mereka yang masih duduk dibangku sekolah. Semoga dengan kegiatan ini, kita dapat terus melahirkan generasi bangsa yang cinta budaya serta kesenian asli daerah. Kami para seniman sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh TNI, khususnya Kodam XII Tanjungpura dalam mendidik maupun mengarahkan para generasi muda bangsa pada kegiatan yang cinta tanah air serta menggali budaya asli daerah", ucap Cecep.

Ditemui ditempat terpisah Pabanda Komsos Sterdam XII Tanjungpura, Mayor Inf Sularto, yang juga merupakan koordinator penyelenggara kegiatan lomba tari dan cipta baca puisi dengan tegas mengatakan ketiga tim tari serta tiga orang siswa pemenang lomba cipta baca puisi secara otomatis langsung masuk dalam daftar peserta yang berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Wisata Nusantara.

"Jadi ada tiga tim tari yang akan ikut ke Jakarta dan mereka adalah pemenang juara pertama dari SMA Negeri 3 Pontianak, juara kedua SMA Karya Kasih dan juara ketiga SMA Negeri 10 Singkawang, sedangkan untuk pemenang lomba cipta baca puisi yang berhasil unggul sebagai juara pertama dari SMA Negeri 1 Pontianak, juara kedua dari SMA Negeri 3 Sampit dan yang terakhir juara ketiga dari SMA Karya Kasih Parindu. Inilah para pemenang yang akan ikut kita ke Jakarta pada tanggal 3 Oktober hingga 5 Oktober 2017", jelas Sulastro mengakhiri.*/

Laporan : Devi Lahendra

 

 

 

Bagikan :